Jumat, 10 Februari 2012

10 februari 2012 - jumat #diary

nyokap gue pernah bilang : "Kalo temenan, punya temen itu sama orang yang terbuka atau seenggaknya orang yang jujur. Jangan temenen sama orang yang pendiem banget nanti bahaya karena nggak tau apa yang ada di pikiran orang itu."

Terus gue cuma senyum-senyum aja, omongan nyokap gue rada aneh.

nyokap gue pernah bilang juga : "Jangan temenan sama anak yang nakal-bermasalah-tukang cari masalah nanti nggak dapet hal positif."

terus gue mikir dan mikir lagi.

- Tentang omongan nyokap gue yang pertama. Menurut gue sih asik - nggak asik punya temen pendiem. Ya gue punya beberapa temen pendiem tapi mereka terbuka tentang kepribadian mereka jadi ya gue santai-santai aja. Orang pendiem itu baik menurut gue, ramahnya juga lumayan, dan ya pastinya rada alimlah. Positif kan?
Tapi ada juga yang diem-diem dendem. Maksud gue, dia kadang di kongek diem, ada masalah diem, ini itu diem, mungkin sekarat pun diem. Bagi gue orang kayak gini bukan dia nggak mau nyusahin orang laen tapi sifatnya yang beginilah yang nyusahin. Faktanya, liat aja berita2 di TV. Ada mbak2 ngebunuh adeknya sendiri karena dendem, nah si mbaknya itu pendiem abis, ya tapi sama adeknya toak keluar melulu. Beda jauh banget ya? itu cuma satu contoh, byak contoh laennya.
Nah diem/pendiem itu banyak loh. Ada yang diem karena dia emang kalem, ada yang diem cuma mau di pandang baek padahal di belakangnya buset dah gila sarap kelakuannya, ada yang diem karena takut, ada yang diem karena pengen di bilang kalem padahal aslinya pendendem dan dia ngebalesnya pake sok ke-kalemannya padahal ngejatohin.
HANAH, jadi gimana ini?
oke, soal diem dan diem dan orang pendiem. Gue sih ambil simpelnya aja, gue ambil ringkasnya, bertemen itu boleh sama siapa aja tapi tetep hati-hati. Guru sastra gue pernah bilang : temen/sahabat itu adalah teman hidup terbaik tapi kadang bisa jadi orang jahat tanpa di sadari. Dan waktu itu gue belum banyak mikir tapi lama-lama-lama semakin gue beranjak dewas, sekarang sih baru 16 tahun. Omongan nyokap dan guru gue mulai dah melayang2 di kepala gue tentang memilih temen.

Berhubung gue orangnya jujur, malah kelewat jujur. suka sama orang jujur, nggak suka juga jujur, benci sama orang pun jujur. sampe temen2 gue bilang : "Lo ini kalo nggak suka sama orang ketara bener malah langsung ngomong" dan gue jawab "jujur kan lebih baik dari pada gue ngomongin di belakang, mending di depan matanya langsung dah"

dan karena gue orangnya kadang ceplas-ceplos nggak jelas, disinilah gue nemuin berbagai sifat-karakter-tingkah-perilaku manusia yang gue temuin.

gue pernah nemuin
- seorang cewek yang baik, pengertian, ramah, bisa jaga rahasia, tapi di ajak maen kadang ngebetein alias tukang nyeramahin
- seorang cewek yang rame, asik, nyenengin di ajak maen, hidupnya happy2 melulu tanpa beban tapi paling males balajar
- seorang cowok yang urakan, nakal, tukang cari masalah, suka gangguin orang tapi sama setia kawan dan rela ngelakuin apa aja demi kebersamaan
- seorang cewek yang pendiem, kalem, tapi menghayutkan
- seorang cowok yang pinter, ramah, baik tapi kalo sekali marah mulutnya kayak cewek
- seorang cewek yang pendiem, manis, kalem tapi ngejatohin orang dengan fitnahnya tapi orang yang nggak tau mah nggak bakal percaya karena dia ketara kalem.
- seorang cewek yang baik hati, pendiem, kalem, ramah, pinter, pengertian, dan di jatohin sahabatnya berkali-kali tetep aja nerima. Buset dah tabah banget yang ini
- seorang cowok yang suka nyakitin cewek, temen-temennya, tapi kalo udah bersangkutan sama keluarga dia langsung diem tecup
- seorang cewek yang rame, baik, ramah, seru, terbuka padahal hatinya rapuh banget cuma dia nutupin itu semua
- Dan seterusnya

mikir ulang dah gue, sifat orang itu beda-beda, tergantung kita bisa memposisikan diri kita ajasih menurut gue. Gue sih mau punya temen kayak mana aja terserah selama itu nggak merugikan gue dan nggak ngeganggu hidup gue. Mau dia nakal, mau dia tukang fitnah, mau dia baik, mau dia jahat bahkan dia pembunuh atau koruptor juga masabodo amat gue mah. Toh itu udah jadi takdir sifat dan kelakuannya kayak gitu TAPI yang penting jangan ganggu dan ngusik hidup gue. Sekali ngusik hidup gue, 10 kali gue usik hidup dia. haha gila

tapi tapi tapi dan tapiii, saat gue bilang kayak gitu, eh ada satu hal yang meluncur di otak gue lagi. Misalkan dia nggak ngerugiin gue dalam hal apapun tapi ternyata orang laen di rugiin, eh gimana-gimana gue juga dongkol. Kenapa? karena gue pernah punya temen, ya gue tau anaknya suka ngejatohin orang laen tapi sih gue masabodo amat karena dia nggak ngejelekin gue, santai bro tapi lama dan lama dan lama-lama dia pelan2 ngejelekin gue juga daan yaa untung sahabat2 gue ngingetin gue. Nah sejak itu gue ANTI banget ngenal ini manusia. gue nggak musuhin dia krn musuan itu dosa tapi gue nganggep nggak kenal.


intinya...
berteman itu sih boleh sama siapa saja, mau sama orang baek atau jahat nggak masalah yang penting kita tetep jaga-jaga biar itu manusia nggak ngejatohin kita. Terus yang jelas jangan dah percaya banget sama orang, percaya aja sama Allah atau yang kuasa, sama HATI sendiri, dan sama keluarga, sisanya belakangan dah


nah jadi tentang omongan nyokap gue ini dan itu sebenernya bener dan nggak salah. Gue baru sadar, nyokap gue bukan ngelarang temenan sama manusia ini atau itu tapi nyokap gue nyuruh gue belajar tentang karakter orang dan dimana gue bisa menempatkan diri.

kata temen gue : "jangan buat orang benci dan dendem sama kita karena saat dia mau bales dendem bakal gawat. Iya kalo dia ngajak berantem apa ribut, nah kalo nyantet kan gawat."Dan gue langsung dan mikir, oke nggak masalah karena gue juga berteman dgn siapa aja. Dan untungnya temen2 satu sekolah gue terutamanya, mereka tau sifat gue agak2 stres dan suka senyum2 sendiri. bukan gue gila tapi ya nggak tau kenapa aja dgn senyum, beban di kepala gue ilang gitu aja. Dan untungnya dgn hal itu, gue ngomong atau ngongek org juga, org nggak tersinggung kecuali kalo gue kesel sama orang baru dah nggak salah-salah ngomongnya, terang2ngan gua coy.


eh ini cuma curhat yang pada FAKTAnya belum terbukti. CUMA curhatan gue, opini gue, dll, santai ya bro, jangan ada yang tersinggung dengan omongan gue ^_^ ok oke?








Tidak ada komentar:

Earning Per Share

a.      Definisi Earning Per Share Earning Per Share (EPS) atau pendapatan perlembar saham adalah bentuk pemberian keuntungan yang diberik...