Sabtu, 02 November 2013

Pelajaran Jaman SMP (Cerita Jaman Dulu)

Apa yang gue inget dari jaman SMP?

Tentu banyak.

Salah satunya pertamakali gue buat makalah itu jaman SMP. Masih inget banget gue anak SMP buat makalah dan harus jadi. Oke, itu salah satunya.

Kedua, pertamakali gue nemuin sekolah yang kalo salah satu kelas ada yang buang sampah sampe ada bungkus permen sekecil apapun disidang *pengalaman* :) Bener-bener bersih SMP gue karena ya gimana snack yang berbungkus aja gak boleh dijual termasuk permen yang ada bungkus plastinya. Alhasil, yang gue makan dulu sering nguras kantong :) Hihi tapi gue seneng karena hal tsb, makanan dikantin sehat-sehat :)

Ketiga, ya ampun gue masih inget banget mendekati UN sih oke gue jarang bawa buku cetak karena berat men cuman yaa itu sekolah gue baiknya luar biasa sampe-sampe tiap hari seluruh siswanya dibagiin soal yang bejibun dari kertas prinan dan itu wajib selesai hari itu juga. Diforsir banget? Oh tentu nggak sama sekali karena udah terbiasa.

Sejak kelas 1 SMP pertamakali masuk tugas itu udah numpuknya setengah idup. Tau sendiri kan jaman SD itu gimana tugas gak banyak tiba-tiba dikasih seabrek tugas. Ya gimana mau gak mau dikerjain dan gak bisa nyontek karena gak ada waktu buat nyontek. Tugas harus dikerjain dirumah soalnya semua tugas kalo ngasih itu memang nyelesainnya gak butuh waktu sebentar :D

Dan SMP gue itu waktu gue kelas 8 alias kelas 2 SMP belajarnya pake sistem CBSA kalo gak salah sih gitu singkatannya cara belajar siswa aktif atau apalah. Gini, satu kelas dibagi beberapa kelompok kalo gak salah waktu itu kelas gue kan jumlahnya memang 30 anak dan memang seinget gue satu kelas itu waktu jaman gue gak boleh lebih dari 32 siswa tiap kelasnya. Jaman gue loh jaman gue entah kalo sekarang mungkin lebih ketat lagi. Dari segitu siswa dibagi kelompok2 dimana ada meja bundar tiap kelompok. Jadi, sering diskusi bareng dan bla bla bla meres otak karena saingan dong sama kelompok tetangga. Malu kalo kelompok sebelah nilainya lebih wow. Dan ternyata cara begitu ampuh banget buat gue rajin belajar mau gak mau harus belajar ekstra.

Oh iya tiap hari jumat juga selalu ada lelang infak jumat gitu jadi yang paling gede diumumin kelas mana begitu pun dengan kelas yg paling kecil nyumbangnya. Aduh dan kelas gue waktu itu 1 kali pernah dapet nominasi paling keci. Grrr ketara pelitnya yah? Bukan gtu karena waktu itu memang kelas gue lagi krisis moneter dikit lah :D

Jaman SMP yang gue inget juga, gue nemuin hobby gue disana. Awalnya gue ikut sastra karena gue suka iseng nulis cerpen dan ketika gue masuk sastra ternyata nulis itu penting banget. Gue diajarin sama guru sastra gue >> Bu Tuti dan Bu Dwi yang always ngedukung gue. Gue belajar berani ngomong di depan umum setelah masuk sastra.

Gini, dari kecil emang gue orangnya suka ngomong tapi kalo didepan umum yang didepan ratusan orang itu baru gue temuin jaman SMP. Ceritanya gini, gue kan ikut sastra dan gue dimasukin dalam sebuah lomba se-Lampung. Kata guru sastra gue waktu di lab bahasa, gue itu punya bakat cuma belum berani ngomong didepan umum. Dan gue bilang bakat gue itu nulis bukan ngomong didepan umum. Terus guru sastra gue bilang gue itu harus berusaha menang dan kalau pun kalah gpp karena ini untuk pertamakalinya gue ke panggung lomba ngelawan siswa-siswi SMP + SMA yang diatas gue tingkatannya.

Sampe ditempat lomba yang jaraknya jauh banget dari sekolah gue. Waktu itu kebetulan lombanya ada di SMA yang cukup terkenal di Lampung dan memang terkenal sih :D Gue sama guru sastra dan sama mbak kelas gue ada di AULA sekolah itu. Mbak kelas gue udah maju dan dia sedikit gugup cuman yaa itu udah keliatan biasanya. Maklum, dia udah ikut sastra sejak lama nah gue? Baru berapa bulan.

Nama gue dipanggil. Guru sastra gue nyuruh gue cepet maju. Gue dag dig dug lah jelas. Panitianya masangin mikrofon kecil di kerah baju gue sambil benerin tanda peserta gue yang malang melintang gak jelas ketara bener gue gugupnya. Kata panitianya "belajar dari kecil dari pada udah gede nanti gak berani kan?"

Gue nyengir aja dan waktu naik ke atas panggung. Gila men! Di hadapan gue entah ada berapa ratus orang yang ngeliat ke arah gue. Bukan cuman siswa-siswi SMP aja yang ada didepan gue tapi ada siswa-siswi SMA dan para guru-guru SMP-SMA terus para penikmat sastra dan para kelompok-kelompok sastra pelajar dan gak tau lagi deh wartawan-wartawan sama reporter juga kali pada nyorot ke arah gue. Bener-bener lomba yang nantang maut ><

Gue diem selama 5 detik terus guru sastra gue senyum bilang gue pasti bisa seenggaknya selama 7 menit itu gue harus bisa ngomong sesuai dengan tema lombanya. Gue harus ngomong sama semua orang yang ada didepan gue dan pertama yang gue lakuin memperkenalkan nama tentunya.

Gue masih diem dan gue sedikit blank sama materi yang gue pelajarin selama seminggu sebelumnya. Terus gue mikir, kalo gue diem aja, gue malu-maluin SMP gue yang terkenal keren masa anaknya tecup di atas panggung, gue juga malu-maluin anak-anak sastra SMP gue, malu-maluin guru sastra gue, dan tentu diri gue sendiri. Dari pada gue malu-maluin gue nekat ngomong apa yang ada dikepala gue dan jujur, kaki gue rada gemeter mana di yang duduk di daerah depan kakak-kakak SMA pula sedangkan gue masih seragam SMP. Udah ngomong dan ngomong, gue nutup pembicaraan dan panitia bilang waktu gue di dpn pas banget gak lebih gak kurang tapi kebanyakan gugupnya. Aih muka gue waktu itu pasti pucet bin pucet. Terus panitianya nenangin gue katanya gpp buat pembelajaran karena byk yg seumuran gue gugup gitu tp ada juga yg biasa aja. Gue yakin anak yg seumuran gue dan biasa aja itu nyalinya grrr gede banget pasti.

Sebelumnya, gue juga pernah ikut lomba sejenis ini cuman gak ngomong loh diatas panggung. Gue duduk tenang diem ngerjain soal bukan berbicara didepan banyak orang.

Dan alhasil, gue kalah. Kalo gak salah waktu itu yng memenangkan juara 1-nya anak SMA terus sisanya anak SMP. Kalo yg cabang lainnya ada anak SMP yang menang banyak dari pada SMA-nya. Lupa lah gue yang jelas gue sedih gak sedih sih kalah telah gitu.

Tapi, kata guru sastra gue gpp kalah tapi besok-besok jangan grogi begitu. Dan alhasil setelah kejadian itu, sekarang gue jadi berani ngomong didepan banyak orang mau itu 100-200 seterusnya berani cuman entah kenapa walaupun gue ngomong diantara orang banyak gtu tapi gue masih pilih2 liat orang2nya gimana, kalo bagi gue asik ya gue berani ngomong tapi kalo gak asik yasudah males banget ngomong dari pada gue dicuekin kan *pengalaman* Dan waktu acara itu juga selain yang gue dapetin pelajaran, gue juga liat ada anak SMA yang keren luar biasa jadi yaa rada seneng dikit lah namanya anak SMP kan labil yaa sayangnya cuma 1 kali liat dan waktu acara itu doang. Seenggaknya gue gak sedih-sedih amat karena kalah.

oke next

jaman SMP, yang gue inget soal makanan itu yaa mie ayam dikantin dan sama cireng di kantin. Mie ayamnya itu enak luar biasa tapi gini, jaman SMP kan gue kalo makan pedes gak kira-kira sampe ada guru yang bilang hati2 awas nak perut kamu kasian kalo ada apa-apa gimana. Dan namanya orang tua itu kebanyakan bener jadi gue sakit beneran sampe harus operasi gara-gara makan pedes. Hihi ^^

kalo soal cireng, aduh, bukan gue aja tapi separo dari seisi sekolah mungkin suka semua secara cirengnya enak luar biasa beda sama cireng-cireng diluaran sana. Cuman, entah deh sekarang masih ada cireng apa gak soalnya yg jualan cireng di SMP gue udah gak disana lagi :( huhu sedih banget yaa padahal kalo masih ada itu gue mau kesana tapi.....

Dulu gue pernah mau ke SMP gue dan alhasil gue gak boleh masuk kecuali ke TU, nemuin kepsek, ke ruang BP/BK, pokoknya masuk ke tempat-tempat dimana yang gak ngelewatin para adek kelas gue yang khusuk belajar. Alhasil gak bisa mampir ke kantin soalnya belum jam istirahat dan belum jam pulang. Gerbang utama sih memang dibuka tapi gerbang menuju lokal adek-adek kelas ditutup padahal gue penasaran banget gimana adek kelas gue pada belajar. Hm, apa gue dateng waktu itu pas ujian apa ya? Gak tau juga deh habis gue juga dateng dadakan banget pagi-pagi jam 9 dateng coba :D akak atau satpamnya emang ngerjain gue dan temen gue ya? Entah juga deh tapi kalo gue kesana sore-sore, gerbang terbuka lebar dan masuk-masuk aja berasa rumah sendiri. Hihi eh emang rumah gue deng itu jaman SMP dulu, rumah kedua gitu :D

Oke, apalagi ya yang gue inget jaman SMP? Hm, iya ini tentang kepsek gue yang baik luar biasa, ramah luar biasa, dan peduli banget sama lingkungannya luar biasa. waktu itu kelas gue entah khilaf atau gimana buang bekas permen karet dari lantai 2 ke bawah dan bekas rautan pensil juga. Alhasil, anak bawah gak mungkin ngebuangnya karena posisi sampahnya ketara banget dari anak atas. Dan yaa kelas gue diomel-omelin, diceramahin, dan diingatkan kebersihan itu lambang kesehatan. Bener banget kata kepsek gue pantes anak SMP gue sehat-sehat habis bersih banget sih walaupun peraturannya segudang.

Dan tau, jaman gue SMP dulu masuk jam 6.45. Bayangkan aja gimana paginya coba. kalo sekarang sih gue denger-denger udah jam 7 lagi atau 7.15 lagi masuknya. Aduh asik banget sih masa beda sama jaman gue dulu? Iri loh iri.

Dan tau dulu kalo terlambat disuruh ngapain? Biasanya orang terlambat disuruh lari lapangan, push up, atau apa kek tapi ini disuruh nulis surat penyataan dikertas dan disuruh nyari sampah. Bayangkan, nyari sampah di sekitar sekolah dan harus dapet. Bayangkan aja susahnya nyari sampah ditempat yg bersih itu gimana. Gue pernah mengalami ini jadi gue tau rasanya dan semenjak itu gak lagi-lagi deh gue telat kapok bin kapok.

Cerita apa lagi yaa jaman SMP?
aaa banyak banget rasanya kepala penuh dengan cerita jaman SMP.
Jaman SMA banyak, SMP pun banyak, apalagi jaman SD lebih banyak. Kalo TK, yang gue inget sih cuman sekitar 12-15 orang temen TK gue dan soal kejadian yang gue inget itu.... soal rebutan ayunan sama temen gue, soal gigi gue yang patah gara-gara kena lutut temen gue, rebutan ngambil makan siang sama temen waktu guru TK ngebagiin makan siang, terus maen BP-BP an, maen balon, terus banyak juga yaa ternyata jaman gue TK. Mungkin yang gak gue inget itu waktu gue didalem rahim nyokap ngapain aja :D

Kalo cerita jaman SMA udah pernah gue tulis sejak lama-lama dan banyak tulisan tentang mereka jadi gak perlu gue ceritain ulang. ^^ hihi

Tidak ada komentar:

Earning Per Share

a.      Definisi Earning Per Share Earning Per Share (EPS) atau pendapatan perlembar saham adalah bentuk pemberian keuntungan yang diberik...