Sabtu, 02 November 2013

FLUIDA adalah

Berbagai macam pengertian dari fluida diantaranya yaitu

Fluida adalah zat yang dapat mengalami perubahan bentuk secara kontinu bila terkena tegangan geser walaupun relatif kecil. Gaya geser adalah komponen gaya yang menyinggung permukaan dan jika dibagi dengan luas permukaan tersebut menjadi tegangan geser rata-rata pada permukaan itu.

Fluida adalah gugusan yang tersusun atas molekul-molekul dengan jarak pisah yang besar untuk gas dan kecil untuk zat cair.
Molekul-molekul itu tidak terikat pada suatu kisi, melainkan saling bergerak bebas terhadap satu sama lain.

Fluida adalah benda yang dapat mengalami perubahan bentuk secara terus menerus karena gaya gesek yang bekerja terhadapnya.

Fluida merupakan zat yang dapat mengalir yang mempunyai partikel yang mudah bergerak dan berubah bentuk tanpa pemisahan massa. Ketahanan fluida terhadap perubahan bentuk sangat kecil sehingga fluida dapat dengan mudah mengikuti bentuk ruang.



1. Ingat : Setiap benda yang tercelup di dalam sebuah fluida, pasti akan mengalami gaya tekan ke atas. Termasuk juga ketika sebuah benda berada di udara, sebetulnya SEMUANYA mengalami gaya tekan ke atas. Termasuk diri kita sendiri, hanya karena gaya tekan ke atasnya kecil, seolah - olah kita tidak merasakannya.

2. Tegangan permukaan dipengaruhi oleh suhu. Makin besar suhunya, tegangan permukaannya makin kecil, sehingga kemampuan air untuk 'membasahi benda' makin baik. Baca buku cetak hal 204 alinea 2 dan alinea 3 (bagaimana detergen ditingkatkan 'kemampuan' membersihkannya)

3. Tegangan permukaan adalah perbandingan antara gaya permukaan (F) dan panjang permukaan (l) dan tegangan permukaan memiliki dimensi Newton/meter.

4.Gaya tekan ke atas :
* sebanding dengan massa jenis fluida
* sebanding dengan percepatan gravitasi di tempat itu
* sebanding dengan volume benda yang tercelup di dalam fluida (sehingga makin banyak bagian volume yang tercelup di dalam fluida, gaya tekan keatasnya akan makin besar)
* semakin besar massa jenis fluida, maka semakin SEDIKIT bagian benda yang tercelup di fluida tersebut.

5. Ketika sebuah benda (yang
ρbenda > ρcairan) dimasukkan ke dalam sebuah bejana yang terisi penuh cairan, maka Volume Cairan yang tumpah akan sama besar dengan Volume benda. Hal ini mengakibatkan besarnya Gaya tekan ke atas yang dialami benda akan SAMA BESAR dengan BERAT fluida yang tumpah (Fa = ρf.g.Vbenda ; wfluida tumpah = ρf.g.Vfluida tumpah, dimana V benda = Vfluida tumpah)

6. Ketika suatu benda 'tercelup' seluruhnya di dalam air, semakin dalam benda itu berada sebenarnya TEKANAN mutlak yang dialami oleh bagian dasar benda akan makin besar. Namun tidak demikian halnya dengan GAYA TEKAN KEATAS (ingat penurunan gaya tekan keatas yang berhubungan dengan selisih tekanan di bagian bawah dengan bagian atas). GAYA TEKAN KEATAS akan bernilai KONSTAN ketika seluruh bagian benda sudah tercelup, walaupun benda itu terus tenggelam dan semakin dalam berada di dalam fluida.

Tidak ada komentar:

Earning Per Share

a.      Definisi Earning Per Share Earning Per Share (EPS) atau pendapatan perlembar saham adalah bentuk pemberian keuntungan yang diberik...