Senin, 08 Agustus 2011

Rangkuman Waktu SMP




1) Amerika


     Amerika adalah Negara yang sangatlah maju,karena itu amerika berpenduduk cukup padat.
Amerika termasuk dalam katagori penduduk terpadat nomor dua di dunia. Jumlah penduduk Amerika pada tahun 2002 adalah 2.780.528.881 jiwa. Tingkat ilmu pengetahuan dan teknologi penduduk Amerika sangatlah canggih maka dari itu Negara Amerika di beri julukan Negara super power atau Negara adidaya.
    Maka tidak mengherankan lagi Negara itu mendapatkan julukan yang amat baik dan sempurna,Amerika juga termasuk Negara pengekspor pesawat terbang didunia. Di Negara Amerika terdapat sebuah patung yang megah yaitu patung liberty, patung ini dirancang oleh Frederio Auguste Bartholdi.
   Di Amerika juga banyak hal lain yang menarik contohnya adalah danau garam besar [the great salt lake], padang rumput =Patagonia, ada juga angin Chinook yaitu angin gunung yang panas dan kering. Penemu benua Amerika adalah Cristophorus colombus (Italia 1492) sedangkan nama Amerika diambil dari nama Amerigo Vespucci, istana kepresidenan Amerika adalah gedung putih/white house, lagu kebangsaannya adalah the star spangled banner, Amerika juga sering di sebut Negara Paman Sam.
    Penduduk Amerika adalah pendatang dari Eropa sekitar 80% dari jumlah penduduk, penduduk Amerika ada yang campuran yaitu bangsa Indian, Kulit putih, Negro, jika bangsa Indian dan Kulit putih menikah akan menghasilkan bangsa Mestizo,Indian dan Negro adalah bangsaZambo, Kulit putih danNegro adalah bangsa Mulat.
     Di Amerika terdapat puncak tertinggi yaitu adalah Chimbarazo, sungai Missisipi di sebut juga Misauri, daerah wisata terpenting di Amerika adalah air terjun Niagara.
     Keadaan alam di Amerika terbagi menjadi tiga bagian yaitu adalah:    
       1]. Bagian timur berupa pegunungan dari pegunungan Appallachia-Allagheni ke arah timur sampai Samudra Pasifik.
       2]. Bagian tengah, berupa dataran rendah yang luas yang diapit oleh pegunungan Rocky di bagian barat dan pegunungan Appallachia-Allagheni di bagian timur. Dataran ini di aliri sungai Mississipi yang bermuara di teluk Meksiko. Pada bagian utara dataran ini terdapat danau-danau besar seperti danau Michigan, danau Ontario, dan danau Eire. Antara danau Eire dan Ontario terdapat air terjun Niagara.
       3]. Bagian barat, terbentang dari pegunungan Rocky ke arah barat hingga samudra pasifik. Bagian ini merupakan daerah Amerika yang reliefnya paling kasar.
Gustave Eifel.      
USA adalah singkatan dari: United States of Amerika.
Di dataran tinggi colorado terdapat gurun Mojaye, dan mengenai patung Liberty ,ini adalah hadiah dari Prancis. Universitas yang cukup terkenal di Amerika adalah universitas Harvard.
      Reservasion adalah wilayah tempat perlindungan orang Indian. Bendera Amerika diberi nama Stiper and Star. Mata uangnya adalah Dollar Amerika (US $). Lapangan terbang internasional di london bernama Croydon,dan Amerika serikat merupakan penghasil bijih besi terbesar di dunia. Di pegunungan Sierra Nevada, Amerika serikat terdapat jeram tertinggi di dunia yang bernama jeram Yosemite. Kayu terbesar di dunia yang disebut Mammout terdapat di pagunungan Seirra Nevada, lambang nasional Negara Amerika serikat adalah Bald Eagle. Di Negara Amerika terdapat beberapa hal-hal yang belum kita ketahui contohnya ialah: Air terjun Santo Angel(tertinggi di dunia 13.310 m), Teluk mesiko terbesar di dunia 1.500.000km, Pulau Greenland terbesar di dunia 2.175.000km, Air terjun Guaira terbesar di dunia 13.310m kubik /det, Gedung CN tower tertinggi di dunia 553 meter,dan lain-lain.
     2) Kanada.
     Wilayah Kanada dapat di kelompokkan menjadi empat yaitu Rocky mountain, dataran rendah teluk Hudson, dataran tinggi Lablador, dan kepulauan Arktik. Di Kanada banyak terdapat danau-danau seperti The Great Beer, The Great Slave, dan Reindeer.
      Keadaan penduduk
        Penduduk Kanada pada tahun 2002 berjumlah 31.592.805. jiwa. Penduduk Kanada banyak yang berasal dari Iggris dan Prancis. Sementara itu sisanya berasal dari berbagai Negara.
      Bentuk pemerintahan.   
      Kanada merupakan anggota persemakmuran iggris. Kepala negaranya adalah ratu iggris yaitu Elisabeth, yang diwakili oleh gubernur jendral. Kepala pemerintahannya adalah perdana mentri. Ibu kota Kanada adalah Ottawa. Mata uangnya adalah Dollar Canada (can $). Lagu kebangsaan kanada adalah ooo Canada.  Bentuk pemerintahanmya adalah Republik Federal. Di Kanada terdapat industri tertua yaitu adalah pengalengan ikan -pusat Gran bank (pantai new found land ) ada juga air terjun Niagara.kanada merupakan Negara penghasil gandum terbesar di dunia.
      3) Brasil
          Brasil merupakan Negara terluas di Amerika selatan. Luas wilayahnya mencapai kurang lebih 8.511.965.km. dataran tinggi di brasil merupakan dataran tinggi yang datar. Pantai timurnya berupa dataran rendah yang sempit dan mendapat hujan sepanjang tahun.Brasil merupakan Negara penghasil kopi nomor satu di dunia. Daerah pertanian Brasil menghasilkan tebu, jagung, kopi, tembakau, kapas,dan padi. Sungai Amazon merupakan sungai terbesar di dunia.

     Keadaan penduduk
Tahun 2002, penduduk Brasil berjumlah 174.468.575. jiwa, orang kulit putih di Brasil merupakan keturunan portugis, spayol, dan Italia.di bagian paling selatan Brasil banyak di tempati keturunan jerman. Sedangkan di pantai timur banyak di tempati orang negro. Penduduk Brasil sebagian besar menganut agama katholik. Brasil adalah penghasil kopi nomor satu di dunia (Rio de jeneiro )
     Pemerintahan .
     Kepala Negara dan kepala pemerintahannya adalah presiden. Ibu kota Brasil adalah Brasilia. Bahasa resminya adalah bahasa portugis. Mata uang Brasil adalah Cruzeiro (Cz $ ).
     4) Argentina
      Luas Argentina kurang lebih 2.771.300.km Argentina terletak di daerah beriklim sedang dan merupakan daerah bayangan hujan. Mengapa demikian? Karena angin barat dari samudra pasifik terhalang oleh pegunungan Andes. Mata pencaharian penduduk Argentina yang terpenting adalah perternakan lembu, gandum, rami, padi, tembakau, dan tebu.
     Keadaan penduduk 
      Jumlah penduduk Argentina  pada tahun 2002. adalah 37.384. 816. jiwa. Penduduk Argentina banyak yang menganut agama katholik Roma.sebagian besar penduduk Argentina sebagian besar keturunan Spanyol, dan sisanya keturunan India, Arab, dan lain-lain.
     Pemerintahan 
     Bentuk pemerintahan Argentina adalah republik. Kepala Negara dan pemerintahannya dipegang oleh seorang presiden. Ibu kota Argentina adalah Buenos Aires. Mata uangArgentina adalah peso. Bahasa resminya adalah bahasa Spanyol.
     5) Aljazair
     Luas wilayah Aljazair adalah kurang lebih 2.381.751.km sebagian besar wilayahnya berupa gurun dan pegunungan. Aljazair terletak disebelah barat Negara Libya.
     Keadaan penduduk   
     Jumlah penduduk Aljazair pada tahun 2002. adalah sebanyak 31.736.053. jiwa penduduk Aljazair sebagian besar menganut agama islam. Mata pencaharian sebagian besar peduduk Aljazair adalah pertanian. Hasil-hasil pertaniannya adalah gandum, aggur jeruk, zaitun, sayuiran, dan kurma.
     Pemerintahan
    Aljazair merdeka dari penjajahan prancis pada tahun 1962. bentuk pemerintahannya adalah republik dengan kepala negaranya seorang presiden. Sedangkan kepala pemerintahannya adalah perdana mentri. Bahasa kebangsaannya adalah bahasa Arab dan prancis. Ibu kota Aljazair adalah Aljir dan mata uangnya adalah dinar Aljazair.
     6) India
      India memiliki luas kurang lebih sekitar 3.287.591.km. di sebelah utara India terdapat pegunungan Himalaya yang merupakan pegunungan tertinggi didunia dengan puncak tertingginya Mount Everest ( gauri sangkar ). Disebelah selatan terdapat dataran tinggi Dekkan.
       Keadaan penduduk dan keadaan alam
     India termasuk Negara terpadat penduduknya nomor tiga didunia setelah Cina dan Amerika. Jumlah penduduk India  pada tahun 2002. adalah sebanyak 1.020.999.145. jiwa tinggi puncak gauri sangkar adalah 8.848.m diatas permukaan laut. Negara India terletak di kawasan asia selatan. Antara pegunungan Himalaya dan dataran tinggi Dekkan terdapat dataran tinggi Assam dan dataran rendah Hindustan. Dataran tinggi Assam merupakan daerah yang subur dan penghasil teh terbesar didunia. Dibagian barat terdapat dataran rendah Malabar dan dibagian timur terdapat dataran rendah koromande. Dibagian barat laut India terdapat gurun Thar gurun ini memisahkan India dan Pakistan. Agama campuran di Negara India antara Agama Hindu dengan Agama Islam adalah Sikh.
       Di India terdapat dua sungai besar yaitu sungai Gangga dan sungai Brahma Putra. Kedua sungai ini dianggap suci bagi penganut agama hindu di India. Kedua sungai ini bermuara di teluk Benggala. Di India terdapat bangunan yang termasuk lima keajaiban dunia, yaitu Taj Mahal. Bangunan Taj Mahal terletak di kota Agra. Penduduk asli India adalah bangsa Indo Arya dan Dravida. Sekitar 84% penduduk India menganut agama Hindu. Sisanya menganut agama Islam, Kristen, dan Budha.
     Bentuk pemerintahan 
     Bentuk pemerintahan Negara India adalah republik. Kepala negaranya adalah seorang Presiden. Kepala pemerintahannya adalah seorang perdana mentri. Ibu kota India adalah New          
Delhi. Bahasa resminya adalah bahasa hindi dan mata uangnya adalah Rupee.        
   7)  Jerman  
         Jerman adalah Negara bagian Eropa Barat dengan  ibu kota Berlin.
Bentuk pemerintahannya adalah republik federal dan kepala pemerintahannya adalah kanselin.
3 oktober 1945 terjadilah perjanjian postdam.
Jerman terbagi menjadi dua yaitu:
1)      Jerman timur dengan ibu kota Bern  = Uni soviet (komunis )
2)      Jerman barat dengan ibu kota Berlin  = AS (liberalis) 

Tembok pemisahnya adalah  =Tembok Berlin
                                               = Walter Ulbrict
3 oktober 1990.
     Jerman bersatu dan tembok Berlin dihancurkan.
Jerman dikenal dengan system Nasi  = yang menganggap bahwa bangsanya lebih baik dari bangsa lain. ( Adok Hilter )
Kota pemasaran indonesia di Jerman adalah Bremen, universitas yang cukup terkenal di Jerman adalah universitas Karl Marx.
Hasil Jerman adalah  =  Farmasi \ obatan
                                  = Mobil (BMW)
                                  =  Galangan kapal  
Daerah pegunungan Hare banyak menghasilkan garam kalium, kota Solingen di Jerman terkenal dengan produksi pisau dan gunting.
    8) singapura
           Negara Singapura terdiri dari dari pulau-pulau kecil. Luas Singapura kurang lebih sekitar 622 km. letak Singapura sangat strategis, Mengapa demikian? Karena terletak pada posisi silang jalur lalu lintas pelayaran dari Negara-negara di Asia timur, Asia barat, Afrika, Eropa, Amerika, dan Australia.
              Untuk menunjang posisinya yang sangat strategis tersebut, pemerintah Singapura membangun pelabuhan dengan sarana dan prasarana yakni:alat-alat pengangkutan dan gudang.
Pelayanan pemerintahan Singapura sangat baik sehingga banyak kapal yang singgah di Singapura. Sekarang, Singapura merupakan pelabuhan transito teramai diAsia.
   
      Bentuk pemerintahan
      Bentuk pemerintahan Negara Singapura adalah republik. Ibu kota Singapura adalah Singapura. Kepala Negara Singapura adalah Presiden dan kepala pemerintahannya dipimpin oleh seorang perdana mentri. Lagu kebangsaan Singapura adalah Majulah Singapura, dan mata uangnya adalah Dollar Singapura (S $ ).
     Kegiatan Ekonomi
     Perekonomian Singapura sangat bergantung pada jasa perbankan, perdagangan, perhubungan, dan perindustrian.industri Singapura menghasilkan kapal, elektronik, dan bahan makanan. Hasil industri ini diekspor. Untuk  memenuhi bahan baku industrinya, Singapura mengimpor dari Negara lain termasuk dari Indonesia. Apa saja bahan baku yang diekspor Indonesia ke Singapura? Ekspor Indonesia ke Singapura berupa minyak bumi mentah, timah putih, gas alam, karet kina, kopra, lada, tepung tropika, dan kayu.
     Singapura adalah Negara penerima barang indonesia nomor tiga setelah jepang dan Amerika Serikat. Impor Indonesia ke Singapura berupa minyak bumi masak, pipa besi baja, kapal, bahan kimia, dan alat-alat elektronik. Demikian pula pelayanan jasa antara Indonesia dan Singapura terselenggara dengan baik. Misalnya mengadakan penerbangan tetap dan angkutan melalui kapal laut.
      Batas-batas Negara Singapura
      Utara berbatasan dengan =Selat Johor
      Timur berbatasan dengan =Selat Karimata
      Selatan berbatasan dengan =Selat Singapura
       Barat berbatasan dengan =Selat Malaka
    9) Thailand
      Luas Negara Thailand kurang lebih adalah 513.998 km. wilayah Negara Thailand dapat di bagi menjadi lima yaitu :
1)      Dataran rendah di bagian tengah yang dialiri oleh sungai Chao Phraya. Daerah ini sangat subur di Thailand.
2)      Daerah pegunungan di bagian utara dan barat. Dengan puncaknya yang tertinggi adalah Gunung Doi Inthanon ( 2.594 )
3)      Pegunungan kapur di bagian timur.
4)      Semenanjung Thailand selatan yang berupa bukit-bukitrendah yang meluas sampai keperbatasan dengan Malaysia.
Bentuk pemerintahan
Bentuk pemerintahan Negara Thailand adalah Kerajaan Konstitusional.  Ibu kota Thailand adalah Bangkok. Kepala Negara Thailand dipimpin oleh seorang raja, sedangkan kepala pemerintahannya dipimpin oleh seorang perdana mentri. Mata uang Thailand adalah Baht. Lagu kebangsaannya adalah Pleng Chard. Thailand merupakan satu-satunya Negara yang tidak pernah dijajah sama sekali dengan bangsa Eropa.
Kegiatan ekonomi
Kegiatan ekonomi penduduk Thailand adalah pertanian, kehutanan, pertambangan, dan industri. Hasil pertanian yang terbesar Negara Thailand adalah beras. Thailand merupakan lumbung padi di Asia Tenggara. Hasil hutannya adalah kayu jati, Sedangkan hasil pertambangan menghasilkan timah dan mangan. Industri Thailand menghasilkan tekstil, semen, dan barang elektronik. Pariwisata menghasilkan devisa utama Negara Thailand. Mata uang Negara Thailand adalah Baht Thailand, dan lagu kebangsaan thiland adalah Pleng Chard.
Batas-batas
      Utara   = Myanmar dan Laos
       Timur = Laos dan Kamboja
     Selatan = Malaysia dan Teluk Siam
     Barat    = Myanmar dan Samudra Hindia
Penduduk asli Negara Thailand adalah bangsa Thai, sebagian lagi keturunan Cina dan Melayu, bahasa resminya adalah bahasa Thai (resmi), Inggris, Cina, dan Melayu dan ibu kotanya Thailand adalah Bangkok.
      10) Inggris
     Luas wilayah inggris kurang lebih adalah 244.110.km. wilayah inggris terdiri dari dari dua pulau besar yang terpisah dari dataran Benua Eropa. Nama pulau tersebut adalah pulau Britania raya dan Pulau Irlandiabagian utara. Negara Inggris dibagi menjadi empat bagian yaitu inggris dengan ibu kota London, Wales dengan ibu kota Cardiff, Skotlandia dengan ibu kota Edinburg, dan Irlandia dengan ibu kota Belfast. Keempat wilayah ini disebut sebagai Kerajaan Inggis raya.
     Sungai yang terkenal di inggris adalah sungai Thames. Sungai ini membelah kota London dan merupakan jalan masuk ke Inggris sejak dahulu. Dataran tinggi terdapat di Skotlandia dan Wales. Di daerah Greenwich terdapat gedung penyelidikan bintang tertua di dunia dan kota ini ditetapkan sebagai garis merediam nol derajat. Perusahaan penerbangan yang mengadakan hubungan internasional dari Inggris bernama BOAC (British Overseas Air Corporation)
     Keadaan penduduk
    Jumlah penduduk inggris raya pada tahun 2002 adalah sebanyak 59.647. 790 jiwa inggris Raya banyak kedatangan para imigran dari Negara-negara bekas jajahannya seperti India, Pakistan, dan Hindia barat.
     pemerintahan
     bentuk Negara Inggris adalah kerajaan\Momarki\Konestisional dengan kepala Negara seorang ratu dan kepala pemerintahan dipimpin oleh seorang perdana mentri. Bahasa resminya adalah bahasa Inggris.
Mata uang Inggris adalah Poundsterling , London merupakan ibu kota Inggris. Dan lagu kebangsaannya adalah God Save the Queen. Ratu Inggris bernama Ratu Elisabeth, istananya bernama Buckingham Palace.
       Julukan inggris =          
1)      Matahari tak pernah tenggelam: karena hampir seluruh Negara dijajah oleh Ingggris
2)      Negeri putih: karena sebagian tanah di Inggris mengandung batu kapur.
Iggris sering mendapat julukan Albion yang artinya negeri putih hal ini di sebabkan karena pantai Droer di Inggris yang berhadapan dengan benua Eropa itu terdiri dari dari batu karang yang berwarna putih.   
Yang menjadi ciri kota London Inggris adalah Nampak jam besar Big Ben, kota pemasaran diInggris adalah Black Countri. Universitas di Inggris contohnya adalah universitas Oxpord, Cambrigde. Pusat industri kain kapas di Negara Inggris adalah Manchester, orang Inggris sering menyebut daerah ini dengan sebutan “Catton is King”. Dewan majelis tertinggi dalam parlemen Inggris di sebut House of Lord
11)Belanda
     Belanda memiliki luas wilayah kurang lebih 41.785km. sebagian besar wilayahnya merupakan laut yang dikeringkan (reklamasi). seperlima dari wilayah Belanda terdiri dari 
atas air dan lebih dari separuhnya merupakan dataran yang lebih rendah dari permukaan laut.
      Bagian Negara Belanda yang aman dari ancaman banjir adalah daerah Maastrich yaitu daerah paling selatan yang berbatasan dengan Jerman dan Belgia. Negara Belanda mendapat julukan ;
1)      Negara kincir angin
2)      Negara Dam
3)      Negeri bunga tulip
4)      Dan penghasil keju
     Keadaan penduduk
     Jumlah penduduk Belanda pada tahun 2002 adalah sebanyak 15.981.472 jiwa. Hasil pertanian Belanda adalah gandum, kentang, bit, buah-buahan, bunga, dan sayuran.
      Pemerintahan
     Bentuk pemerintahan Negara Belanda adalah kerajaan dengan kepala Negara dipimpin oleh seorang Ratu, dan kepela pemerintahan dipimpin oleh perdana mentri. Ibu kota Belanda adalah Amsterdam. Bahasa nasional Belanda adalah bahasa Belanda. Mata uang Belanda adalah Gulden dan lagu kebangsaannya adalah Willhelmus Van Nassauwe.
       Kota pelabuhan di Belanda adalah Roterdam, dan Den Haag adalah dimana tempat KMB dilaksanakan, juga markas Mahkamah Internasional PBB.sungai orange adalah sungai yang terkenal di Belada.
12) Vietnam
Negara Vietnam  terletak di semenanjung Indocina. Negara Vietnam melipuit seluruh
Patai timur semenanjung Indocina. Luas Negara Vietnam kurang lebih 331.653km. wilayah Vietnam dapat dibagi atas daerah-daerah sebagai berikut:
1)      Pegunungan utara terletak di bagian barat laut. Puncak tertingginya adalah Fan-Si-Pan (3.143meter)
2)      Delta Sungai merah membentang dari pegunungan utara sampai teluk Tonkin. Wilayah ini merupakan daerah pertanian.
3)      Pegunungan Annam merupakan rangkaian pegunungan di wilayah barat dari pegunungan utara sampai 80km di utara kota Saigon.
4)      Datarn pantai meliputi wilayah timur bagian tengah membentang dari delta sungai merahsampai sungai Mekong.
5)      Delta Mekong terbentuk oleh sungai Mekong. Sungai Mekong merupakan sungai yang sering di landa banjir setiap tahunnya. Vietnam beriklim tropis musim.
b) Bentuk pemerintahan
bentuk pemerintahan Negara Vietnam adalah republik sosialis dengan kepala negaranya presiden, dan kepala pemerintahannya dipimpin oleh seorang perdana mentri. Ibu kota Vietnam adalah Ho Chi Minh. Mata uang Vietnam adalah Dong (D). Bahasa nasionalnya adalah bahasa Vietnam.
                 C) kegiatan ekonomi  
Mata pecaharian penduduk Vietnam sebagian besar adalah pertanian. Hasil utama pertanian Vietnam adalah padi. Hasil pertanian lainnya adalah jagung, kapas, tebu, ubi jalar, teh, buah-buahan, dan tembakau. Hasil industri Vietnam antara lain tekstil, semen, pupuk, dan ban. Hasil pertambangannya antara lain ialah emas, bijih besi, timah, gamping, fosfat, dan seng.
Ibu kota negara  :Hanoi
Batas Negara      : RRC di sebelah utara
                              Laut Cina selatan di sebelah timur dan selatan
                              Kamboja dan Laos di sebelah barat
Penduduk            : penduduk asli adalah suku Champadan Montagnard di selatan. Moung,
                              Tay,dan Nung di utara, dan lainnya suku Khmer dan Cina
Hasil utama         : Padi dan batu bara
Agama                 : Budha
Lagu kebangsaan : Tien Quan Ca/Forward Soldier
      13) Laos
     Nagara Laos terletak di semenanjung dataran Indocina. Luas Negara Laos kurang lebih sekitar236.800km.negara Laos dikelilingi oleh pegunungan dan hutan lebat. Pegunungan serta dataran tinggi terletak di sebelah utara dan membentang sepanjang batas timur. Puncaknya adalah gunung Bia. Sungai Mekong merupakan sungai penting di Negara Laos. Sungai Mekong mengalir dari barat daya kearah tenggara sepanjang berbatasan dengan Negara Thailand. Sungai Mekong di manfaatkan juga sebagai sarana transportasi. Laos memiliki iklim
Musim. Laos merupakan satu-satunya Negara di Asia tenggara yang tidak memiliki wilayah laut.
     Bentuk pemerintahan
Bentuk pemerintahan Negara Laos adalah republik dengan kepala Negara dipimpin oleh seorang presiden dan ibu kotanya Vientiane. kepala pemerintahannya adalah perdana mentri. Mata uang Laos adalah New Kip (KN). Bahasa nasional Laos adalah bahasa Lao.
     Kegiatan ekonomi
Mata pencaharian utama penduduk Laos adalah pertanian. Kegiatan pertanian banyak di lakukan di sepanjang sungai Mekong. Hasil utama pertanian Laos adalah padi, jagung, dan getah damar. Hasil lainnya berupa sayuran, pisang, papaya, dan kelapa. Selain pertanian, kegiatan penduduk Laos adalah berternak. Hasil ternak Laos adalah sapi, babi,kerbau, dan unggas. Lagu kebangsaannya adalah Sat Lao Te Deum Ma’Khan Sulu Sa You Nei Asie.
Agama                           :Budha, Kristen,dan Animisme.
Penduduk                       :Thai, Khmer,dan Cina.
Batas-batasnya adalah : RRC sebelah utara, Vietnam sebelah timur,Kamboja dan Thailand disebelah selatan, Myanmar dan Thailand di barat.
     14) Mesir  
Negara memiliki luas kurang lebih 997.739km. Sebagian besar wilayahnya berupa gurun. Sementara daerah lainnya merupakan daerah yang subur.
     Di Mesir banyak di temukan bangunan-bangunan kuno yang terkenal antara lain berupa Sphinx dan Piramida.piramida adalah kuburan raja-raja kuno. Sedangkan Sphinx adalah sebuah patung singa yang berkepala seperti manusia. Kedua bangunan ini termasuk dalam lima bangunan keajaiban dunia.
     Di Mesir terdapat pula tempat yang terkenal yaitu Terusan Suez. Terusan ini menghubungkan laut merah dengan laut tengah. Terusan Suez di buat oleh orang perancis yaitu Ferdinant de lesseps. Terusan Suez pertama kali di buka pada tahun 1870. dengan di bukanya terusan Suez, maka pelayaran dari Eropa ke Asia atau sebaliknya tidak melalui Afrika Selatan. Di Negara Mesir terdapat juga bendungan raksasa yaitu bendungan Aswan.bendungan Aswan adalah bendungan yang membendung sungai Nil dan di pergunakan sebagai pembangkit listrik dan pengairan.
     Keadaan penduduk
     Penduduk Mesir pada umumnya mendiami lembah sungai Nil yang subur. Sebagian penduduk Mesir tinggal di daerah perkotaan, sementara yang lainnya tinggal di daerah pedesaan. Penduduk Mesir sebagian memeluk Agama islam dan sisanya memeluk Agama Kristen. Mata pecaharian penduduk Mesir adalah pertanian, hasil dari pertanian itu antara lain adalah kapas, gandum, biah-buahan, bawang, ketang, kacang tanah, sayuran, dan jagung.
     Bentuk pemerintahan
Seja tahun 1953, bentuk pemerintahan Negara Mesir adalah republik. Kepala pemerintahannyaaadl perdana mentri dan kepala negaranya adalah presiden. Ibukota Mesir adalah Kairo,sedangkan bahasa resminya bahasaArab. Matauangnya Pound,sebutan untuk Negara Mesir adalah Egypte.
     15) Australia      
     Secara astronomis benua Australia terletak antara 113 sampai dengan 155 derajat bujur timur dan 10 sampai dengan 43 derajat lintang selatan. Luas benua Australia kurang lebih adalah 7.686.848km. Australia merupakan benua yang paling datar dari benua-benua yang lainnya. Pegunungan di Australia memiliki ketinggian rata-rata 300 meter di atas permukaan laut.
     Negara-negara Australia
New South Wales                       = Sydney
Queensland                               = Brisbane
Victoria                                      =Melbourne
Austrlia selatan                         = Adelaide
Australia barat                          = Perth
Tasmania                                  =Hobart
Australia utara (Teritorial)      =Darwin
Ibu kota Australia (Teritorial)= Canberra
  
 Batas geogravis benua Australia adalah sebagai berikut:
Utara                   = Indonesia dan Papua Nugini
Barat dan selatan = Samudra hindia
Timur                   = Selandia baru dan Samudra Pasifik
A)    bagian barat dan tengah terdapat gurun pasir yaitu gurun pasir Victoria dan gurun      Gibson. Ada dua pegunungan yang terkenal di Australia yaitu pegunungan Mac Donnel dan pegunungan Musgrave.
B)     Bagian timur berupa pegunungan yang memanjang dari Tanjung York di utara hingga pulau Tasmania di selatan. Pegunungan tersebut adalah pegunungan New England Range dan pegunungan Alpen Australia. Kedua pegunungan ini di sebut Great Dividing Range. Puncak tertinggi dari pegunungan Alpen Australia adalah Mount Kosciusko.
C)    Bagian tengah berupa lembah yang di mulai dari teluk Carpentaria sampai teluk Australia. Lembah ini berupa lembah sungai Darling, sungai Murray, dan sungai Swan. Pada daerah lembah ini terdapat sebuah danau Eyre. Permukaan air danau Eyre terletak 13 meter di bawah permukaan laut.
Keadaan penduduk
Penduduk Australia pada tahun 2002 berjumlah 19.357.595 jiwa. Mayoritas penduduk Australia berasal dari Inggris. Penddduk asli austrlia hanya berjumlah sedikiit, mereka pada umumnya tinggal di daerah pedelaman. Suku asli benua ini adalah suku Aborigin. Mereka tersebar di pedalaman Australia barat, Australia utara dan Queensland. Sebagian besar penduduk Australia adalah imigran. Mereka dating ke Australia sejak di temukannya tambang emas di Victoria dan Australia barat.senjata khas Australia adalah Bumerang.
Pemerintahan
     Australia merupakan Negara persemakmuran (Dominion) Inggris. Kepala Negara Australia adalah ratu Inggris. Kepala pemerintahannya adalah perdana mentri, Ibu kota Australia ialah Canberra. Bahasa resminya Australia adalah bahasa Inggris. Mata uang Australia Dollar Australia. Australia merupakan Negara penghasil wol nomor satu di dunia. Perusahaan penerbangan yang mengadakan hubungan internasional dari Australia bernama Qantas. Lagu kebangsaan Australia adalah Advance Australian Fair. Senjata tradisionalnya adalah Bumerang.binatang istimewa yang terdapat di Australia adalah       Kangguru. Kangguru di sebut binatang istimewa Australia karena mereka berasal dari Negara itu.  

16) Kamboja
     Luas wilayah Negara Kamboja sekitar 181.300km. Negara kamboja terletak di semenanjung Indocina. Di Kamboja mengalir sungai Mekong. Daerah sekitar sungai Mekong merupakan daerah yang cukup subur. Pegunungan Cardamon panjangnya 160km melintasi perbatasan dengan Thailand. Tinngi puncak pegunungan Cardamon adalah 1813meter. Di bagian barat laut terdapat sebuah Danau Tonle Sap. Sungai Tontle Sap bermuara di danau Tontle Sap, Kamboja adalah Negara yang beriklim tropis.
   Pemerintahan
   Bentuk pemerintahan Negara Kamboja adalah kerajaan dengan kepala Negara seorang Raja dan kepala pemerintahan seorang perdana mentri. Ibu kota Kamboja adalah Phnom Penh, bahasa nasionalnya adalah Khmer. Mata uang Negara kamboja adalah Riel Kamboja. Lagu kebangsaannya yaitu Our Countri, agama di Kamboja : Budha, Islam.
     Batas-batas
Laos di sebelah utara
Vietnam di sebelah timur dan selatan
Thailand di sebelah barat dan utara
    Kegiatan ekonomi
Mata pencaharian penduduk Kamboja adalah pertanian. Daerah pertanian banyak terdapat di sepanjang sungai Mekong dan sekitar danau Tonle sap. Padi termasuk hasil pertanian Kamboja yang terbesar. Di samping tanaman padi, Kamboja juga memproduksi karet dalam jumlah yang sangat besar.


 

Tidak ada komentar:

Earning Per Share

a.      Definisi Earning Per Share Earning Per Share (EPS) atau pendapatan perlembar saham adalah bentuk pemberian keuntungan yang diberik...