Jumat, 30 Oktober 2015

Pelaku Pasar Uang

PELAKU PASAR UANG
Beberapa pelaku utama yang terlibat dalam kegiatan pasar uang, antara lain bank-bank komersial, pemerintah, perusahaan-perusahaan swasta, perusahaan-perusahaan pemerintah,  future market exchange, brokers dan dealers, serta bank sentral.
A.                 Bank-Bank Komersial
Ada tiga peran bank komersial di pasar uang (Cook dan LaRoche, 1998). Pertama, bank komersial menjadi lembaga perantara dari unit surplus kepada unit defisit yang membutuhkan dana untuk membiayai investasi atau kresit dan unutk memenuhi ketentuan kewajiban giro minimum yang harus mereka pelihara pada bank sentral. Kedua, bank-bank komersial di pasar uang adalah sebagai dealer di pasar over the counter interest ratedevatives yang tumbuh pesar dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di negara-negara yang telah maju pasar uangnya, seperti Amerika Serikat, Inggris, dan Jepang. Ketiga, bank komersial pada pasar uang adalah pemberi jasa free base income.
B.                 Pemerintah
Pemerintah pusar dan daerah di banyak negara membutuhkan dana telangga (bridgingfunds) yang besar untuk membiayai proyek-proyek pemerintah karena adanya perbedaan waktu antar pemerintah dari pajak maupun pemerintah lainnya dengan pengeluaran yang harus dilakukan. Di Jepang misalnya, pemerintah menerbitkan surat-surat berharga jangka pendek dan obligasi guna pembiayaan sementara dari proyek-proyek pemerintah.
C.                 Perusahaan-Perusahaan
Perusahaan-perusahaan nonfinansial institution dan non blank financial business menghimpun dana dari pasar uang dengan menerbitkan surat-surat berharga jangka pendek berupa unsecured promisorry notes
D.                 Government-sponsores Enterprises dan Short term Investment Pools
Goverment sponsores enterprises adalah perusahaan-perusahaan swasta yang bergerak pada bidang keuangan (financial intermediaries) yang terkait dengan pemerintah federal
E.                  Money Market Mutual Funds (MMFs)
MMFs umumnya beroperasi dalam bentuk perusahaan-perusahaan broker dan kelompok reksadana (mutual funds group). Mereka membeli surat-surat berharga jangka pendek dari pasar uang dan kemudian menjual kembali kepada individu-individu, perusahaan, dan penanaman modal institusi (indtitusional investor) berupa share. MMFs mulai berkembang sejak awal 1980-an dan 1990-an, sejalan dengan maraknya perkembangan industri reksadana di Amerika Serikat.
Individu-individu adalah investor utama dari MMFs ini. Perusahaan-perusahaan brokers dan mutual funs group adalah kelompok-kelompok yang utama dalam menyediakan jasa money market mutual funs. Sejak diperkenankannya perbankan di Amerika Serikat untuk melakukan kegiatan reksadana. Dalam tahun 1980an peranan perbankan dalam usaha ini semakin meningkat dari tahun ke tahun.
F.                  Money Market Funds
Money Market Funds (MMF) adalah sejenis perusahaan reksadana yang diatur dalam undang-undang Pemerintah Amerika Serikat  tempat perusahaan-perusahaan tersebut melakukan kegiatan investasi para surat-surat berharga yang beresiko rendah (US Securities and exchange commision, 2003). Risiko investasi masa MMF lebih rendah dibandingkan dengan resiko melakukan investasi pada perusahaan reksadana. MMF biasanya melakukan investasi pada surat-surat berharga milik pemerintah, certifikate of deposits, commercial paper, dan surat0surat berharga lainnya yang liquid dan aman.
G.                 Short Tems Investment Funds (STIFs)
STIFs dikelola oleh bank trust department untuk mengelola berbagan account kemudian dana yang ada tersebut digunakan untuk membeli surat-surat bergarga pasar uang. Portofolio dari STIFs di Amerika Serikat diatur oleh comproller of the currenct yang mensyaratkan bahwa sekurang-kurangnya 80% dari portfolio investasi yang dilakukan harus pada surat-surat berharga yang jatuh tempo tidak lebih dari 91 hari, serta minimal 20%dari nilai funds assetharus berbentuk kas, dan asset lainnya yang jatuh tempo sehari berikutnya.
H.                 Local Goverment Investment Pools (LGIPs)
LGIPs adalah investment pools yang dibentuk oleh negara-negara bagian di Amerika Serikat sehingga memungkinkan pemerintah daerah atau lokal untuk membeli piranti-piranti pasar uang dalam jumlah besar. Tujuan investasi adalah untuk mengoptimalkan dana itu sementara. Dana pemerintah daerah tadi biasanya dikelola oleh stare treasure’s office. Dana yang diinvestasikan tadi harus bersifat jangka pendek, biasanya satu hari.
I.                    Future Exchanges
Ada dua bentuk future exchange yang dikenal secara umum, yaitu money market future contract dari future options. Money market future contract adalah persetujuan untuk membeli atau menjual surat-surat berharga piranti-piranti pasar uang pada tingkat harga dan tanggal tertentu yang telah disepakati. Piranti money market future contrac yang secara aktif diperdagangkan adalah treasury bills berjangka waktu tiga minggu dan deposito eurodollar berjangka waktu tiga bulan. Sementara money market future options memberikan hak kepada pemegangnya (bukan kewajiban) untuk membeli atau menjual money market future contract pada harga tertentu dan sebelum tanggal tertentu.
J.                    Dealers dan Brokers
Dealers menggunakan piranti repo untuk membiayai inventori mereka berupa surat-surat berharga (securities) yang mereka miliki. Para dealer juga berfungsi sebagai perantara diantara pelaku dalam pasar repo’s, dengan memberikan pinjaman kepada yang membutuhkan dan melakukan pinjaman dari pihak yang memiliki surplus dana.
Sementara itu brokers dalam kegiatannya mempertemukan pembeli dan penjual untuk jasa itu brokers mendapat jasa (rokers free).
K.                 Bank Sentral
Bank sentral merupakan pelaku pasar utama pada pasar uang mengingat salah satu tugas utamanya adalah menjaga stabilitas moneter dan harga melalui pengendalian jumlah liquid dipasar.


Tidak ada komentar:

Earning Per Share

a.      Definisi Earning Per Share Earning Per Share (EPS) atau pendapatan perlembar saham adalah bentuk pemberian keuntungan yang diberik...