Minggu, 27 Oktober 2013

Filsafat Yunani

Rangkumannya : Jumrotul Arapat

BAB 2 FILSAFAT YUNANI
Berikut ini terdapat 3 faktor yang menjadikan filsafat yunani lahir, yaitu :
·         Bangsa yunani yang kaya akan mitos (dongeng) dimana mitos di anggap sebagai awal dari upaya orang untuk mengetahui atau mengerti.
Mitos tersebut di susun secara sistematis yang rasional, seperti syair karya homerus, orpheus dan lain-lain.
·         Karya seni yunani yang dapat di anggap sebagai pendorong kelahiran filsafat yunani.
·         Pengaruh ilmu-ilmu pengetahuan yang berasal dari babylonia (mesir) di lembah sungai nil.
Dengamn ada nya 3 faktor tersebut, kedudukan mitos di geser oleh logos (akal) sehingga setelah pergeseran tersebut filsafat lahir. Di zaman yunani terbagi menjadi 2 priode, yaitu priode yunani kuno dan priode yunani klasik.
YUNANI KUNO
Priode yunani kuno ini lazim di sebut priode filsafat alam, di katakan demikian, karena pada priode ini di tandai dengan munculnya para ahli pikir alam , dimana arah dan perhatian pemikiran nya kepada apa yang di amati di sekitar nya.
Para Pemikir-Pemikir filsafat yunani di antara nya :
1.       Thales (625-545 SM)                                       6. Heraclitos (535-475 SM)
2.       Anaximandros ( 610-547 SM)                      7. Parmenides (540-475 SM)
3.       Anaximenes ( 585-494 SM)                          8. Zeno (± 490-430 SM)
4.       Xenophanes (570-? SM)                                                9. Empedocles (490-435 SM)
5.       Pythagoras (± 572-497 SM)                       10. Democritos (460-370 SM)
YUNANI KLASIK
Pada priode yunani klasik ini perkembangan filsafat menunjukan ke pesetan, yaitu ditandai ny semakin besar minat orang terhadap filsafat. Aliran yang mengawali priode yunani klasik ini adalah sofisme. Penamaan aliran sofisme ini berasal dari kta sophos yang artinya cerdik pandai.
Hal terpenting dengan munculnya sofisme ini adalah mempunyai peran yang sangat penting dalam rangka menyiapkan kelahiran pemikiran filsafat yunani klasik yang di plopori Socrates, Plato, dan Aristoteles.
1.       Socrates (469-399 SM)
Masa hidup socrates sezaman dengan sofisme.
Socrates di tuduh sebagai orang yang merusak moral para pemuda negri nya, selain itu jga iya di tuduh menolak dewa-dewa atau tuhan yang telah di akui negara. Selain itu jga dari tuduhan terhadap diri nya menjadikan dia di adili pengadilan athena, salah seorang yang mendakwah nya ,yaitu melethus mengatakan bahwa dia adalah se orang tak bertuhan, dan menambah kan socrates berkata bahwa matahari adalah batu  dan bulan adalah tanah.
2.       Plato (427-437 )
Menurut pemikiran falsafah nya dunia lahir adalah dunia pengalaman yang selalu berubah-ubah dan warna warni, semua itu adalah bayangan dari dunia ideal sebagai bayangan hakikatnya hanya lah tiruan dari yang asli nya yaitu ideal.
3.       Aristotales (384-322SM)

Dari karya-karya nya dapat di ketahui pandangan nya dia tentang beberapa persoalan filsafah, misalnya, etika, negara, logika,metafisika, dll. Di dalam dunia filsafat, aristotales di kenal sebagai bapak logika. Logika nya di sebut tradisional karena nanti nya berkembang apa yang di sebut logika modern

Tidak ada komentar:

Earning Per Share

a.      Definisi Earning Per Share Earning Per Share (EPS) atau pendapatan perlembar saham adalah bentuk pemberian keuntungan yang diberik...