Rabu, 13 Februari 2013

Protein Anti-HIV Ditemukan


Peneliti dari University of California di Los Angeles (UCLA), Amerika Serikat, menemukan protein yang sanggup memblokir virus. Temuan ini membuka harapan baru untuk memerangi penyakit mematikan.
Dalam laporan penelitian yang diterbitkan pada jurnal Immunity Januari lalu, peneliti menerangkan kehebatan protein tersebut. Adalah enzim cholesterol-25-hydroxylase (CH25H) yang sanggup mengubah kolesterol menjadi oksisterol 25-hydroxycholesterol (25HC). Senyawa oksisterol menyusup ke dalam dinding sel, membentuk benteng kuat yang tak sanggup ditembus virus.
Enzim CH25H diaktifkan oleh protein antiviral yang dihasilkan tubuh. Bak lonceng peringatan, protein ini mengirimkan pesan kepada tubuh agar segera melepaskan enzim. "Produksi alami ini bisa diatur," kata peneliti mikrobiologi, imunologi, dan genetika molekuler UCLA, Su-Yang Liu.
Penelitian awal membuktikan enzim bisa menghambat virus HIV masuk ke dalam sel. Penelusuran lanjutan pada tikus pengidap HIV menunjukkan kecenderungan yang sama. Ketika enzim pada tikus disuntikkan ke dalam jaringan tubuh manusia, jumlah serangan HIV berkurang drastis tujuh hari kemudian. Enzim juga melawan pengurangan limfosit yang menyertai gejala penyakit pada pengidap virus yang menyerang 200 ribu orang Indonesia tersebut.
Sementara itu, virus lain seperti ebola, demam rift valley, dan nipah mengalami hambatan pertumbuhan ketika bertemu dengan enzim tersebut. Hasil penelitian menerbitkan keinginan peneliti untuk menghambat virus sedari dinding sel.
Metoda pertahanan menggunakan enzim ini dinilai lebih ampuh ketimbang menggunakan metoda terapi gen. Pada terapi gen, protein antiviral diaktifkan menggunakan ekspresi gen. "Hingga sekarang, sulit mengaktifkannya," kata Liu.
Meski ampuh, metode enzim memiliki beberapa kelemahan. Enzim sulit disuntikkan dalam dosis tinggi. Selain itu, kehebatannya memerangi penyakit mematikan seperti ebola dan nipah harus diuji langsung kepada manusia. (tempo)

Tidak ada komentar:

Earning Per Share

a.      Definisi Earning Per Share Earning Per Share (EPS) atau pendapatan perlembar saham adalah bentuk pemberian keuntungan yang diberik...