Sabtu, 16 Februari 2013

Barito Timur Membangun Bangsa







Apakah kalian pernah mendengar Barito Timur? Ya, benar. Barito Timur adalah salah satu kabupaten di Kalimantan Tengah yang terbentuk bersama-sama dengan beberapa kabupaten lainnya pada tahun 2002 berdasarkan undang-undang Republik Indonesia nomor 5 tahun 2002.

Kabupaten yang telah berdiri sendiri ini dan terlepas dari Barito Selatan adalah kabupaten yang patut di acungi jempol. Mengapa? Karena dalam kurun waktu yang begitu singkat sekitar kurang lebih 10 tahun, Barito Timur mengalami perubahan kemajuan yang amat pesat.

Apakah kalian tahu bagaimana kabupaten ini dahulunya? Mungkin kalian yang belum mengetahuinya akan berpikir bahwa Barito Timur sama dengan kabupaten lainnya yang maju. Tapi tidak. Anggapan itu salah besar karena dulu Barito Timur tidak seperti sekarang ini.

Barito Timur pernah terpurut di bandingkan kabupaten lainnya di Indonesia. Kalian tahu apa saja itu? Ya, Barito Timur dulu cukup menyedihkan  mulai dari minimnya infrastruktur pemerintahan, kesehatan, perkantoran, perumahan, bahkan di bidang pendidikan pun masih kalah dengan kabupaten-kabupaten lainnya di Indonesia. Hal tersebut sangat menyedihkan mengingat kekayaan Indonesia sangat melimpah salah satunya di kabupaten ini.
90o
Namun seiri berjalannya waktu ke waktu, muncul sinar terang untuk Barito Timur. Dari keadaan terpuruk mulai bangkit bahu membahu membangun Barito Timur menjadi kabupaten lebih baik.

Di tahun 2002, Kalimantan Tengah menjadi provinsi penyuplai beras dimana salah satu dari empat kabupaten yang menjadi penyangga stok pangan adalah Barito Timur. Bukankah ini kemajuan yang cukup mengejutkan jika mengingat kembali bagaimana keadaan Barito Timur dulu?

Fakta di balik kemajuan Barito Timur tidak lepas dari sosok Bapak Pembangunan Barito Timur yang tidak lain dan tidak bukan adalah Drs.H.Zalin Alkim. Gelar Bapak Pembangunan yang di limpahkan kepada beliau bukan hanya gelar semata tapi diikuti bukti-bukti kuat yang nyata. Hal tersebut dapat di buktikan dengan melihat perubahan besar di berbagai sektor seperti sektor pertanian, infrastruktur, agama, budaya, pemanfaatan SDA, SDM, kesehatan, dan yang paling penting di bidang pendidikan.  Berkat beliau, keadaan masyarakat Barito Timur makin membaik dari hari kehari apalagi setelah di lakukannya proyek besar seperti PLTU di Jawetan dan Bendungan Karau dimana pemanfaatannya berguna untuk mengatasi krisis listrik di Barito Timur sendiri.

Apakah kalian tahu apa-apa saja yang termasuk keunggulan Barito Timur dalam 10 tahun ini? Tentu banyak karena 10 Tahun Bartim Memb angun bukan hanya ucapan. Contohnya :

Pembangunan Pendidikan

Seperti kita ketahui bahwa pendidikan adalah dasar dari kemajuan sebuah wilayah dimana penduduknya memiliki pengatahuan, keterampilan, dan daya pemikiran yang luas. Tanpa pendidikan yang cukup, sebuah wilayah hampir di katakan mustahil untuk maju.  Hal ini membuat Bapak Pembangunan Barito Timur memperbaiki pendidikan di kabupaten ini ayang di tandai dengan meningakatnya prestasi dalam dunia pendidikan di Barito Timur kurang dari 10 tahun. Ini merupakan kebanggaan rakyat Barito Timur dimana mereka merasakan perubahan besar dengan perbaikan pendidikan ini. Mereka sadar tanpa pendidikan, Barito Timur akan terpuruk dengan semakin majunya pendidikan di dunia luar yang luas.

Berbagai ajang lomba dingkat daerah, provinsi, dan nasional pun telah diikuti dimana Barito Timur menyabet banyak penghargaan. Tidak lupa juga kemajuan pendidikan dapat di lihat dengan pengadaannya Lab Komputer dan Lab Bahasa di beberapa sekolah. Seperti kita ketahui bahwa dunia sekarang ini tidak terlepas dari kemajuan Teknologi dimana komputer dan internet menjadi landasan dasar. Dengan seperti ini, menunjukkan bahwa Barito Timur akan semakin meningkat kualitas SDM nya dimana akan berpengaruh pada kemajuan Barito Timur sendiri.

Pembangunan Agro

Pembangunan Agro bertujuan untuk meningkatkan hasil pertanian dari petani Barito Timur sendiri seperti sawit, karet, beras, dll. Mengapa pertanian? Karena no agriculture no future. Tanpa pertanian kita tidak dapat hidup dan itu fakta bukan hanya opini semata.

Barito Timur sendiri belum lama ini sukses dengan Panen Raya yang tentunya berpengaruh dengan meningkatnya suplai beras untuk Barito Timur. Selain itu, Barito Timur terkenal dengan hasil karet dan sawitnya sehingga perekonomian rakyat Barito Timur semakin meningkat. Untuk kedepannya, sudah tampak dengan jelas jika hal ini terus terjadi dan semakin baik maka perekonomian masyarakatnya pun akan meningkat.

Pembangunan Infrastruktur

Infrastruktur Barito Timur mengalami kemajuan seperti pembangunan Gedung Bupati, Gedung DPRD, Gedung Mantawara, Gedung Pengadilan, Bangi Wao atau Bumi Perkemahan, serta masih banyak lagi. Manfaat pembangunan Infrastruktur ini adalah sebagai jaminan ekonomi sektor publik dan sektor privat sebagai layanan fasilitas masyarakat Barito Timur agar perekonomian di kabupaten ini meningkat.

Pembangunan Kesehatan

Kesehatan dan pendidikan menjadi fokus paling utama pembangunan  di Barito Timur seperti yang tertulis sebelumnya. Dulu pelayanan kesehatan di Barito Timur masih sangat kurang memadai. Saat ini Barito Timur hanya memiliki Rumah Sakit Umum Daerah tipe D yang sedang di kembangkan menjadi tipe C di tahun 2013 ini. Ketersediaan fasilitas dasar sebagai RSUD tipe C  sudah dimiliki. Pada  bulan Juli 2012 RSUD meresmikan ruang UGD dan Poliklinik Dokter Umum dan Spesialis. Bangunan RSUD sudah di lengkapi ruang dokter spesialis dimana syarat untuk menaikkan kelas menjadi tipe C adalah harus tersedianya layanan dokter spesialis. RSUD juga teah mengirim beberapa orang dokter PNS untuk melanjutkan biaya sekolah dengan biaya pemda. Harapan mendatang di Barito Timur adalah Barito Timur memiliki RSUD bertipe B dimana harus di lakukan melalui rencana pembangunan yang berkelanjutan.

Pembangunan Ekonomi


Adanya pasar modern, pasar ampah, perbankan, dealer, sorum, sarang walet, dan masih banyak lagi merupakan contoh dimana perekonomian Barito Timur mengalami kemajuan. Dengan adanya pasar, perekonomian masyarakat Barito Timur meningkat karena di pasar terjadi transaksi jual beli dimana semakin banyaknya transaksi maka otomatis perekonomian meningkat yang di lanjutkan bank sebagai fasilitas penyimpanan uang rakyat.

Kalian sudah tahu bukan bagaimana kemajuan Barito Timur dengan penjelasan di atas? Ya, di atas hanya sebagian kecil dari 10 tahun Barito Timur membangun karena fakta-fakta lain masih berlimpah sebagai bukti majunya kabupaten ini.

Hm... Wajar bukan jika Barito Timur patut menjadi contoh bagi daerah-daerah lain yang belum maju? Ya, tentu. Mengapa? Banyak fakta yang membuktikan kalau Barito Timur dapat berkembang maju dengan pesat atas kepeminpinan DRS.H.Zalin Alkim selaku Bapak Pembangunan Barito timur serta saling bahu membahunya masyarakat Barito Timur sendiri. Yuk, Barito Timur saja bisa mengapa yang lain tidak? Dan jika terus seperti ini semakin berkembang maka tidak heran jika nanti Barito Timur bisa menjadi daerah yang terkenal maju.





5 komentar:

Unknown mengatakan...

wahh semangat adik, smoga ki menang ya dikontes ini..

Anonim mengatakan...

Keren tulisannya.
Jarang jarang anak SMA bisa nulis kayak gini.
Semangat ya

Anonim mengatakan...

Semangat ya,
tulisannya bagus,
jarang-jarang ada anak SMA nulis kayak gini :)
WOW banget

Anonim mengatakan...

Bagus aula, bakat yang sangat luar bisa.. perlu di kembangkan lebih!! sukses yaa :)
Tulisannya bagus :)
Semoga menang :)
amin amin amin

Anonim mengatakan...

GO BARITO TIMUR :)
Sukses buat BARITO TIMUR

Earning Per Share

a.      Definisi Earning Per Share Earning Per Share (EPS) atau pendapatan perlembar saham adalah bentuk pemberian keuntungan yang diberik...