Rabu, 12 Maret 2014

Mengada-ngada

Hal yang diada-ada, mengada-ngada, sengaja meng-ada-adakan, di paksakan ada, menurut gue sama aja.

Gue gak tau dimana dan bagaimana tulisan ini berlanjut. Kapasitas otak gue tadi sore bener-bener keganggu sama satu hal yang sumpah gak asik banget sampe buat sakit kepala ><

Tentang meng-ada-ada atau yang di-ada-ada itu menurut gue gak banget padahal gue sendiri sedang melakukan hal itu. Saat gue bilang 'oke, logika lo harus jalan LALA harus.' ketika itu pun logika gue jalan tapi 2 detik kemudian logika gue terkalahkan oleh kata hati.Harusnya logika dan hati gue berantem aja kali ya ^^ nah yang jadi penengahnya siapa (?)

Kalau kejadiannya begini jadi inget kata Wella sohib gue yang tadinya bilang 'udah-udah otak lo pake' eh sekarang-sekarang ini malah kata dia 'ah udah ikutin kata hati aja' >> duh nih anak ganti-ganti pendapat.

Kalau di flashback sekitar 1-2 tahun lalu, gue jadi inget pada seorang kenalan gue yang sekarang jadi penulis sukses mana sekarang masih kelas 3 SMA^^ Yup, namanya Nisa. Nisa. Nisa. Lebih di kenal di dunia maya Nisa Maulan Sofa. Seorang penulis yang bukunya udah berkeliaran jalan-jalan keliling Indonesia kalau bisa nanti *Amin* ke luar Indonesia.

Ketika itu, saat itu, waktu itu, detik itu *lebay*

Oke, simpel kata, gue dan Nisa pernah mengalami satu fase yang sama untuk menata otak yang kapasitasnya bener-bener lagi terganggu saat itu. Bukan terganggu karena tulisan, novel, bacaan atau segala hal mengenai penulisan, bukan. Bukan. Hal itu gak akan ganggu kok. Tenang.

>ini lebih ke permasalah pola hati kita berdua. *nah*

Bukan artinya gue dan Nisa terlibat cinta loh ya, gue masih normal, Nisa juga. Cuman gue sama dia pernah ada di satu posisi kisah yang sama. Kisah yang mirip tapi beda tempat. Ya jelas, gue di pulau Sumateeeeera dan dia dipulau Jawa ^^

Soal meng-ada-ada kan itu maksudnya gini : Gue bilang ke Nisa kalau tenang, damai, selow aja ikutin waktu dan nantinya otak itu bisa ketata kembali alias bisa tenang kembali tapi pada faktanya, ketika detik-detik ketenangan itu datang, kembali lagi hal-hal yang membuat gue gak tenang. Rasanya gue dulu mengada-ada deh sama Nisa wkwk. Pada dasarnya manusia itu kapasitas otaknya selalu ditemui masalah. Apapun itu. Dan yang paling sensitif adalah ketika udah diganggu masalah hati. Nah, hal ini yang belum gue jelasin ke Nisa saat ini.

Mengenai hal yang diada-adakan. Gue gak tau ini sengaja atau gak sengaja tapi ini awalnya tumbuh dari sebuah ke-nggak-sengaaaaajaaaan. Gue gak ada niat untuk membuat hal yang gue ada-ada tapi namanya ada kesempatan ya gue ambil aja.

Hal ini tercetus dari ide sohib-sohib gue  macem Amel, Iwid, dll yang isengnya minta ampun sampe gue kadang ketularan iseng. Jadi dari keisengan mereka dan karena gue udah terlanjur   ngikutin saran baek mereka maka jadilah hal yang gak ada akhirnya ada. Hal yang gak ada ini dapat diartikan misal lo gak dateng ke suatu acara tapi ada satu cara gimana pada akhirnya lo bisa ada disana. Jadi intinya hal yang diada-adakan alias hal yang dipaksakan ada. (buat sohib-sohib gue pasti ngerti banget kejailan apa ini)

Dari keisengan atau kejailan atau ke-apalah seterah eh terserah deh. Dari dan dari hal ini sebuah babak baru dimulai. *lo sangka main bola apa*
Bukan!
Maksud gue sebuah kisah baru dimulai dari hal itu. Kisah yang bener-bener menggelitik namun pada akhirnya buat gue merasa bersalah, merasa menyesal, merasa gak enak hati, merasa serba salah, dan merasa kadang lucu juga sih. Maklum, usia gue masih rada labil jadi beginilah. Yang jelas hal ini gak merugikan siapapun karena gue dan sohib-sohib gue isengnya hanya sebatas diantara kita-kita aja jadi gak ada rasa marah. Yaa yang ada harus maklum karena kita udah sepakat dijailin yaudah gak udah ngambek. Ada-ada aja kelakuan.

Kisah-kisah itu dimulai. Dari mulai detik pertama, kata pertama. Dari mulai paragraf pertama, hari pertama. Halaman-halaman baru menjadi hari-hari baru. Bab-bab baru menjadi kisah-kisah baru. Mengalir pelan tapi gak menghanyutkan. Perlahan tapi membuat ketawa sesaat dan ingin alurnya makin cepet. Makin lama makin ada aja hal-hal baru yang dimulai dari keisengan gue dan sohib2 gue yang masih suka iseng sampai detik ini.

Dan dari kisah menuju kisah melalui kisah melewati kisah *ribet gile* banyak hal yang bener-bener gue terjebak didalamnya seperti temen-temen gue terjebak didalamnya. Bukan terjebak ke hal-hal negatif loh ya karena keisengan gue dan sohib2 gue ini persis keisengan anak TK yang memalukan tapi hanya kita yang tau. Maklum mungkin masa TK nya kurang lengkap yaa jadi beginilah kisahnya anak-anak ini. *ehh*

Keisengan itu menimbulkan reaksi hati gue yang merasa ini salah. Ini kekanak-kanakan. Ini persis seperti anak TK yang kurang masa bermainnya. Daaan, ketika gue keluar dari keisengan itu, gue mulai jatuh cinta sama seseorang. Jatuh cinta yang salah. Jatuh cinta yang bener-bener bukan seperti orang yang gue inginkan. Jatuh cinta yang gak banget deh menurut gue. Jatuh cinta yang jauh dari sekedar suka. Ampun rasanya gak asik banget.

Nah lalu apa hubungannya kisah gue yang pernah gue bahas sama Nisa dan tentang keisengan gue?
Sabar! Sabar!
Ini hal yang lucu. Bukan hal yang harus dianggap serius.

Ketika sohib-sohib gue pun pernah jatuh cinta sama orang yang salah, mereka dapat mengatasinya dengan cara nyari kejailan lain. Mungkin dapat dikatakan cara move on tercepat yaitu dengan iseng bukan Yi Sheng karena kalau Yi Sheng itu ada makna tersendiri dalam bahasa Mandarin. Oke ^^

back dulu ke soal jatuh cinta yang salah sama manusia yang salah > sama mahluk planet yang salah. Pernah gue bilang kalau ada hal janggal yang gue rasain setelah gue gak kekanak-kanakan lagi untuk iseng sama orang? Pernah kan gue nulis begitu? Gue juga lupa tapi sepertinya pernah.

Ini bukan soal jatuh cintanya gue sama G-Dragon atau sama Junsu 2PM atau sama anak-anak band kece CN-BLUE. Bukan. Bukan!

Ini juga bukan hal yang ada di kepalanya Nisa Maulan Sofa dulu. Bukan. Ini hal yang berbeda dan jauh dari berbeda.

Gue cerita muter-muter ya? Karena otak gue lagi gak bisa menata cerita baik kali ini akibat suatu hal. Intinya ya tata sendiri aja bagi yang baca.

Kembali lagi. Ketika gue gak iseng lagi. Entah apa yang salah dengan mata, otak, hati, dan bla bla bla yang diperintahkan otak itu rasanya aneh. Gue merasa dan memaksa ini bukan jatuh cinta. Bukan dan bukan. Pokoknya bukan. Otak gue memaksa untuk bilang gitu. Egois. Ya otak gue memang egois dan gue suka ke-egoisan yang satu ini. Tapi apa boleh dikata, hati berkata lain. Hati dan otak gue lagi perang sekarang ini. Dan belum ada yang menang dari perang itu. Kalau pun kata hati yang menang mengenai cinta macem ini, ini bukan hal baik untuk gue. Kalau ke-egoisan gue yang menang yaa ujung-ujungnya sih mungkin gue rada sedih tapi gue dan sohib2 gue merasa itu yang paling baik buat gue. Sedih sesaat gpp ntar damai lagi. *ah, mereka masih jail sih jadi belum berpikir yang serumit ini (sok tau gue ini)*

Ketika gue jalan bareng temen-temen SMA gue yang cowok terutama IPA 2 rasanya biasa-biasa aja. Mau temen SD, SMP, SMA, gak ada yang beda walaupun temen-temen gue dari jaman SD tampangnya lumayan-lumayan semua tapi biasa aja kalau gue disamping mereka, dideket mereka, ngobrol bareng mereka, malah gue anggep mereka itu kakak-kakak gue yang suka nyontek disekolah *eh buka aib* bahkan kalau intinya gue sama temen-temen gue nih rame2 baik temen SD, SMP, SMA pergi kemana gitu yang tentunya ada cowok dan ceweknya itu biasanya aja walaupun kita deket macem kakak-adek tapi biaaaasa aja.

Nah yang buat gue baaadmood adalah kenapa ketika gue jauh dari temen-temen SD, SMP, SMA, itu justru gue dihadapkan pada hal yang namanya cinta. Cinta yang rumit. Ngebetein lah pokoknya. Cinta yang seharusnya bukan sekarang. Maksud gue disini bukan tentang pacar atau apalah karena orang pacaran pun belum tentu ada cinta didalemnya *sok tau banget sih gue*

Gue gak tau apa yang salah dengan mata, hati, pikiran, dll itu-lah. Rasanya itu gue seolah meng-ada-adakan hal yang ada padahal sebenernya gue meng-gak-ada-adakan hal yang ada. Ribet bener ya bahasa gue? Aslinya lebih ribet malah!

Awalnya gue kira cuman suka sekilas aja. Sekilas macem anak labil yang suka sekilas atau macem orang yang pacaran 2-3 bulan terus putus gitu aja. Ya begitulah. Tapi entah ini ngeselin bener.

Ketika gue pergi bareng temen-temen SMA gue, barulah gue merasa hal itu gak gue rasakan lagi. Gue seneng dengan keberadaan mereka yang buat otak gue tenang untuk sesaat. Untuk gak memikirkan apa kata hati gue.

Soal jatuh cinta, bagi gue jatuh cinta itu rumit. Lebih rumit daripada rumus fisika-kimia yang pernah gue pelajarin dari jaman SMP sampe SMA. Lebih rumit dari pada buat sebuah judul baru untuk sebuah cerpen yang gue buat. Lebih rumit dari itu semua. Camkan. LEBIH!

Ketika gue flashback tentang cinta pertama gue, rasanya itu yaa menyenangkan. Pertama jatuh cinta itu menyenangkan bagi yang cintanya gak salah tempat, gak salah orang, dan gak salah dalam keadaan. Itu aja. Cinta sama suka itu beda. Gini, kalau suka entar 1-2 bulan bisa lupa tapi gak dengan cinta. Gak sama sekali. Walaupun 1-2 rasa cinta itu bisa hilang tapi kenangannya gak bisa hilang-hilang loh ya. Jadi cinta itu gak bisa dipaksakan untuk gak-di-ada-ada-kan. Kalau tentang ini yang ada tetep ada dan yang gak ada yaudah emang gak ada. Bagi gue sendiri cinta pertama gue itu cukup menyenangkan, gak ada penyesalan, gak ada yang perlu disesali, dan membuat gue belajar banyak hal untuk mengatur hati gue *cieileh*

back lagi ke soal yang gak ada dipaksakan ada alias meng-ada kan atau lebih tepat atau lebih parahnya di-ada-adakan *ampun deh ribet*
Ketika keisengan sohib-sohib gue yang 80 persennya isinya cewek semua dan 20 persen cowok alias cowoknya cuma 1 biji, nah disitulah timbul kisah cinta yang bagi gue gak banget. Beberapa sohib gue jatuh cinta sama cowok satu ini kecuali gue dan beberapa yang laen. Hal yang gak salah untuk jatuh cinta disini karena bagaimana pun dan gimana pun sohib-sohib gue ini udah mengenal satu sama lain baik pola pikir dan jalan hati. *wow* Hal inilah yang menimbulkan reaksi gak seimbang tapi dipaksakan seimbang. Hal inilah yang biasanya dalam persahabatan bisa retak karena cinta tapiii disini persahabatan malah makin melekat. Walaupun ada cinta yang kata gue aneh bin aneh bin ngada-ngada tapi pada akhirnya cinta itu membuat persahabatan makin lengket macem lem yang gak ada penawarnya. Hanya satu hal yang gue heran, kenapa gue gak ikut-ikutan jatuh cinta aja? Masalahnya dan problemnya gue entah ini suka atau cinta, ada orang yang menarik perhatian gue. Kalau boleh milih sih gue lebih suka ngikutin sohib-sohib gue karena pada akhirnya gak ada rasa yang se-aneh yang gue rasakan seperti sekarang ini. Sumpah aneh banget. Gak enak deh. Beda sama cinta pertama gue. Bahkan kali ini, gue pun berusaha bilang gue hanya sebatas suka bukan cinta. TITIK *gile maksa*

Ketika sohib-sohib gue tau karena hati gue mulai tergerak dimana mereka tau-nya selama ini hati gue rada batu soal cinta macem itu, mereka pun agak shock alias kaget gak jelas gitu. Mereka sangka gue cuman kagum tapi setelah gue cerita, mereka malah ngakak katanya hati gue mulai meleleh * disangka gue ini es batu apa meleleh segala*

Tau kan kalau biasanya orang terdekat itu bakal kepo abis ketika kita memiliki perubahan? Dan itu yang terjadi pada sohib-sohib gue. Bagaimana pun dan gimana punnnn gue menyembunyikannya, mereka tetep kepo dan kepo. Mereka tanya gimana, bagaimana, darimana, sejak kapan, kok bisa, apa yang diliat, blablablabulbul banyak kian pertanyaan yang gak gue jawab semuanya. Wkwk kejem ya gue?

Bukan gue gak mau jawab. Gue cuman heran karena rasanya ini aneh. Gue pun masih gak ngerti kenapa bisa gini. Apa lebihnya orang yang buat gue begini pun, gue gak tau. Dibilang dia tipe gue, jauh dari itu. Dibilang dia anaknya humoris layaknya cowok2 yang seru, ah, jauh dari itu malahan. Dibilang anaknya blablabla yang menurut sohib-sohib gue tipe gue gitu, jauh dari itu. Nah kan, nih ada apa pula? Jangan-jangan gue pernah ya nyakitin orang terus didoa'in ada hal begini dalam hidup gue? Maaf deh maaf ^^

Lalu apa hubungannya orang ini dengan ke-isengan sohib-sohib gue?

Sebenernya gak ada hubungannya tapi kalau dihubung-hubungkan pun ada. Dari mulai abcdefgh sampai huruf terakhir pun ada. Entah ada-nya gimana yang penting ada hubungannya. Dijelaskan pun sulit tapi yang jelas ada hubungannya dengan suatu hal. Nah, kan, akibat kejailan gue nih. Eh tapi gak juga sih. Ribet banget ngejelasinnya.

Why Why dan Why hal itu terjadi ketika gue mulai males iseng macem anak TK lagi? Apa ini termasuk pembelajaran buat gue untuk mulai berpikir dewasa dikit atau gimana, entahlah. Ini rumit dan sedikit berbelit-belit.

back ke permbicaraan gue sama Nisa Maulan Sofa si penulis kece. Dulu gue pernah bilang sama dia untuk nenangin hati dia yang yaaa dapat dikatakan sedang mengalami sedikit kecil badai atau sedikit banyak tsunami. Gue bilang untuk tenang, santai, tetep senyum, tetep nyapa siapapun, tetep anggep temen, tetep ramah, dan lain sebagainya. Gue sangat-sangat inget. Gue juga bilang ada satu masa dimana nanti akan ada suatu ketenangan yang lebih-lebih menyenangkan dan buat senyum setiap beberapa kali sehari bukan setiap detik karena kalau setiap detik macem orang-orang yang rambut aneh dipinggir jalan dengan baju compang-camping dan ngelempar batu ke pengguna jalan. *orang gila*

Gue pernah bilang ke Nisa mungkin jarak-wilayah-tempat-domisili yang berbeda bisa membuat semuanya terlupa begitu aja tapi nanti ketika ketemu lagi semua kembali ke yang awal. Gak gitu. Gak gitu. Kalau udah gak ada hati lagi, ya gak ada. Camkan itu ya Nisa. Camkan. Karena gue udah mengalami. Jarak ada hubungannya untuk menata atau mengatur hati. Tapi kalau hanya sebatas rasa suka, beda dengan cinta. Udah gitu aja. Tapi dan tapi, gue masih yakin kalau Nisa hanya sebatas suka dengan orang itu. Gue yakin karena bagi gue Nisa itu cewek yang gak mudah jatuh cinta.

Inget pembahasan gue dengan Nisa kadang terpikirkan oleh gue 'mungkin jauh-jauh dari orang itu. Atau mungkin gue harus pergi jauh. Atau mungkin gue harus liburan ke suatu wilayah di Indonesia yang menenangkan' Yaaa semua itu terlintas dipikiran gue tapi karena banyak hal, semua itu gak bisa gue lakukan sekarang.

Oke, kembali ke yang sekarang.
Gue gak tau atau mungkin berusaha gak mau tau atau yaa bener-benet gak tau apa sih sebenernya alesan yang spesifik sehingga itu orang buat hati gue rasanya gak seru begini. Kata orang cinta itu kadang tiba tanpa alasan. Ih kalau boleh milih, gue mending jatuh cinta macem jatuh cintanya sohib-sohib gue yang pada endingnya gak buat sakit kepala seperti ini.

Tapi kalau dipikir-pikir, mungkin ini salah gue. Salah gue karena udah keluar dari keisengan temen-temen gue dan gak banyak ikutan lagi dengan keisengan mereka padahal itu menyenangkan dan gak merugikan siapapun.. Mungkin anggaplah ini sebagai ganti rugi karena gue lagi gak sehati sama sohib-sohib gue. Gak nyambung banget kan omongan gue yang ini tapi udahlah, nyambung-nyambungin aja kalau pun gak nyambung ya disambung.

Ketika gue mau cerita ke sohib-sohib gue, banyak hal yang kadang gue bingung mau cerita dari mana dan biasanya reaksi mereka dari cerita gue itu gak ngenakin banget. Apalagi beberapa hari lalu sohib gue malah ngomong 'mampus kan lo jodoh tuh sama dia. Makan hati makan hatilah la kalo dia jodoh lo. Siap mental' >> sumpah men omongan ini gak ngenakin hati banget. Bukannya prihatin karena ini tapi malah begitu. Ya ampun. Harusnya kan cari cara untuk bantu gue supaya hati gue gak begini lagi. Cari cara woy ><

Gue itu kan orangnya mudah akrab sama orang kalau orangnya nyambung diajak ngomong dan orangnya menurut gue baik. Yap, gue sangat mudah ramah dengan orang.

Jaman SMA bahkan kadang gue bisa ngobrol sama anak-anak cowok dikelas gue dimana mereka itu lagi ngomongin cewek yang bagi mereka gak banget. Kadang mereka bilang blablablablublu tentang kejelekan itu cewek dan hal itu yang buat mereka gak suka dengan itu cewek. Gue sih kadang nyengir-nyengir aja, kadang malah ikut ngomporin wkwk. Tapi satu hal yang buat gue belajar kalau ternyata pemikiran cowok itu juga rumit tapi ingin dipermudah. Yaaa begitulah menurut gue. Dari temen-temen SMA ini juga gue belajar banyak hal tentang jalan pikiran cowok. Yaa walaupun kalau mereka lagi ngobrol terus ada gue dan ada beberapa temen gue yang cewek juga, gue dan temen2 gue dimarahin suruh pergi katanya obrolan cowok gak boleh ikut campur. Tapi gue dan temen2 gue tetep aja ikutan karena penasaran dan ternyata yang mereka omongin itu hal biasa, hal yang kadang biasa juga diomongin cewek. Hal yang menurut gue bukan sesuatu yang perlu disembunyikan. Gitu aja sih.

Gue punya beberapa sahabat cowok yang sering gue curhatin walau kadangkala yang gue curhatin itu gak penting sih wkwk. Yap, gue deket sama mereka layak kakak-adek. Itu aja. Tapi nih, kembali ke yang sekarang, gue deket sama seseorang dan rasanya itu beda. Kalau ngobrol sama dia walaupun yang diobrolin itu hal biasa, rasanya itu aneh, aneh banget malah. Beda banget kan kalau gue ngobrol sama sahabat-sahabat gue yang dapat dikatakan pasti obrolannya ribet dan rahasia padahal kadang ya bukan rahasia cuman rahasia pelajar aja sih ^^ hihi

Ah aneh banget kan >< Ini juga rasanya beda dengan cinta pertama gue dulu. Eh, gak tau juga sama atau gak karena gue dulu gak pernah seribet ini dimana hati dan otak gue jadi gak jelas. Dimana pemikiran gue dan kata hati gue bertentangan. Dimana keinginan gue dan apa yang gue rasa itu beda. Beda. Jelas beda. Beda banget malah!

Gue pengen sesekali ke-egoisan gue menang walaupun selama ini udah sering menang wkwk. Tapi ini beda. Ini egois yang bener-bener beda. Gue harus bisa menata otak gue untuk sadar kalau ini salah. Ini bukan artinya gue jatuh cinta. Ini cuman rasa suka yang berlebih. Gue harus yakin kalau ini cuman rasa suka yang berlebih yang nantinya akan hilang seiring waktu. Sumpah demi apapun, ini rasanya gak enak banget.

Ada rasa seneng saat ya sekilas liat dia atau sesekali ngobrol sama dia, ada rasa bete saat gue juga liat dia, dan ada rasa gak suka dengan hal-hal yang ada didiri dia. Ada juga rasa nyaman tersendiri yang buat gue sedikit tenang kalau yaa liat senyum dia walaupun senyum dia itu gak semanis senyumnya G-Dragon atau senyumnya sahabat gue yang kini jadi kontroversi hati dalam persahabatan sohib-sohib gue dimana gue gak ikut-ikutan ^^ hihi
Hal yang gak ngenakin ini. Labil. Sedetik ada rasa suka. Dua detik kemudian gue bilang kalau gue harus dan wajib, kudu gak suka. Bukan gue memaksakan hati gue untuk jahat sama hati gue sendiri tapi ini demi kebaikan gue supaya gue gak galau dan supaya gue gak pusing lagi dan supaya kuliah gue lancar, IPK gue bisa nambah 0,2 jadi 4,00 deh semuanya *amin*

back lagi ke Nisa Maulan Sofa. Mian, gue minta maaf karena ketika gue ngasih saran, kini, saran itu justru sulit diterima hati gue. Bahkan sahabat-sahabat gue pun angkat tangan dengan keadaan hati gue. Tapi, mereka selalu dan selalu mengatakan agar gue bisa menghilangkan rasa yang ada dihati gue karena mereka menganggap ini bisa buat gue sakit kepala. Ah, mereka perhatian banget sih sama gue. Tau aja kalau gue paling gak suka dibuat sakit kepala dengan hal macem begini.

Dan kini, gue pengen kembali pada keisengan gue tapi semua itu terlambat. Mungkin gak ada terlambat karena ada hal yang bisa dilakukan untuk memulainya. Tapi itu sulit. Sulit rasanya untuk seperti itu lagi walaupun bisa. Gue udah melepaskannya *bahasa gue berasa melepaskan orang aja* haha maksud gue, gue udah terlanjut bilang males iseng lagi nanti kalau dibales iseng saling bales, yaa nanti gue gak berhenti-henti ketawa dan kapasitas ketawa gue bisa berkurang *wow*

Tapi, gue bahagia dan senang dan blabliblublabla karena sohib-sohib gue selalu disamping gue, selalu buat gue nyaman, ketawa, ngakak, dan kadang buat bete setengah mati tapi itulah nilai tambahnya. Gue berharap aja cinta yang ada dipersahabatan diantara mereka dimana gue dan beberapa sohib yang laen gak ikutan, mereka bisa mengambil hikmahnya. Sayang, gue gak seperti mereka yang menurut gue akan lebih baik kalau seperti itu *ya ampun*



Tidak ada komentar:

Earning Per Share

a.      Definisi Earning Per Share Earning Per Share (EPS) atau pendapatan perlembar saham adalah bentuk pemberian keuntungan yang diberik...