Rabu, 14 Agustus 2019

Artikel Ojek Online by Aula Nurul M


Fenomena perkembangan teknologi saat ini yang paling lama dibicarakan dan menjadi diskusi banyak kalangan adalah mengembangkan arah teknologi ke arah bisnis transportasi yang menggunakan kecanggihan aplikasi di dunia virtual. Masyarakat saat ini sangat dimudahkan dengan adanya sarana transportasi ini terutama untuk pemesananya. Dimanapun dan kapanpun juga secara tepat dan real time, masyarakat mudah melakukan mobilisasi karena saja dengan memiliki aplikasi ini. Bisnis yang memanfaatkan aplikasi virtual untuk memudahkan pemesanan sarana transportasi adalah bisnis Gojek dan Grab bike.
Masalah transportasi dan kemacetan yang masih banyak dikeluhkan oleh semua pihak menjadi pekerjaan rumah sendiri bagi banyak pihak yang tak hanya pemerintah. Tapi ternyata kemacetan ini malah menjadi peluang bagi perusahaan GRAB BIKE yang merupakan salah satu perusahaan dari luar Indonesia dengan memanfaatkan akses teknologi smartphone bisa menjadikan bisnis menjanjikan dan memberikan kemudahan bagi pengguna atau konsumen. Fenomena ojek online yang kini menyebar luas keseluruh lapisan masyarat seperti Jakarta, Bandung, Lampung dan sebagainya yang dominannya memiliki masalah dengan kemacetan, ternyata menjadi solusi bagi masyarakat terutama yang ingin memiliki tambahan pendapatan diluar aktivitas bekerja pada rutinitas seperti biasanya, maksudnya adalah masyarakat bisa menjadi driver/pengemudi ojek online untuk mendapatkan tambahan pendapatan dalam ekonominya tanpa harus mengganggu rutinitas yang lain, karena aplikasi ojek online dapat diatur secara manual oleh pemegang aplikasi driver ojek online. Dilain hal tersebut, GRAB BIKE melihat peluang besar di Indonesia untuk menjalankan bisnisnya dibidang ini.
Selain itu, fenomena online menjawab kekhawatiran masyarakat tentang jaminan keamanan di dalam transportasi umum. Ojek online ini menjawab kekhawatiran masyarakat dengan kelebihan aplikasi berbasis data, dimana masyarakat bisa mengetahui siapa yang akan menjadi driver ojek pesanannya, lengkap dengan data driver yang bersangkutan. Dalam aplikasinya, ojek online ini sangat mengedepankan faktor keamanan si pengguna. Biasanya dalam aplikasi sudah tersedia informasi lengkap tentang si pengendara seperti nama, kontak, dan foto pengendara. Kemudian, layanan ojek hanya bisa didapatkan melalui pemesanan via aplikasi ojek online, yaitu dalam hal ini GRAB BIKE, sehingga pelanggan dapat memastikan keamanan dan akuntabilitasnya.
Dengan berbagai kelebihan-kelebihan yang ditawarkan Ojek online ternyata membawa perubahan yang signifikan terhadap kehidupan sosial masyarakat. Fenomena Ojek online menjasi booming dan sangat populer tentunya pada bisnis jasa transportasi. Ojek online ini menawarkan inovasi-inovasi terbaru mengenai transportasi yang digabungkan dengan teknologi komunikasi secara online sehingga memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memesan transportasi ojek dimana saja dan kapan saja.
Bahkan dengan adanya ojek online ini juga menambah kebiasaan dan sistem sosial di dalam masyarakat baik dari segi ekonomi pemesan maupun pengemudi. Awalnya, masyarakat menggunakan cara yang konvensional untuk menggunakan transportasi umum, saat ini masyarakat mulai mengubah kebiasaan mereka dan beralih ke teknologi komunikasi untuk memesan transportasi umum secara online. Selain itu dengan adanya ojek online yang dilengkapi dengan sistem keamanan yang terjamin dan juga keseragaman pada helm dan seragamnya membuat citra ojek yang dulunya sebagai kerjaan yang rendahan, sekarang semakin meningkat prestisenya. Adanya ojek online ini bisa mengubah mindset masyarakat tentang tukang ojek yang sering dipandang sebelah mata sebagai profesi yang rendahan. Perubahan mindset tukang ojek sebagai pekerjaan rendahan terbukti dengan semakin banyaknya orang yang tertarik menjadi tukang ojek sebagai pekerjaan sampingan atau bahkan menjadi pekerjaan utama menjadi salah satu keberhasilan dari adanya ojek online.
Kemudian bagi pengemudi, aplikasi ojek online sangat membantu dalam ekonomi atau pendapatan tambahan yang dapat didapat melalui aplikasi ojek online. Dalam hal ini, pengemudi ojek online telah masuk ke dalam berbagai setrata sosial masyarakat, dari yang ingin mencari pendpaatan tambahan dari profesi individu sebenarnya atau bahkan menjadikan pengemudi ojek  online sebagai progesi. Contoh bagi para mahasiswa, mendaftar menjadi pengemudi ojek online sangat membantu dalam hal keuangan mahasiswa, karena pekerjaan menjadi pengemudi ojek online yang bisa diatur sesuai dengan kemauan sendiri atau sesuai dengan jadwal yang diinginkan pengemudi itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Earning Per Share

a.      Definisi Earning Per Share Earning Per Share (EPS) atau pendapatan perlembar saham adalah bentuk pemberian keuntungan yang diberik...