Selasa, 25 Agustus 2015

Pengertian ILMU EKONOMI REGIONAL



Oke. Gue akan membahas mengenai Ekonomi Regional. Yap, untuk kali ini hanya mengenai apasih itu Ilmu Ekonomi Regional. Hanya sebatas itu karena pembahasan lain akan dibahas pada postingan berikutnya.

Ilmu Ekonomi Regional atau katakanlah Ilmu Ekonomi Wilayah adalah salah satu cabang dari ilmu ekonomi dimana pembahasan Ilmu Ekonomi Regional memasukkan unsur perbedaan potensi satu wilayah dengan wilayah lain.

Dalam Ekonomi Regional juga dibahas hubungan antardaerah yang mana cukup menarik dan memunculkan implikasi kebijakan dimana dapat mempercepat tercapainya tujuan ekonomi nasional.

JADI, apasih persoalan utama yang dibahas dalam Ekonomi Regional? WHERE >> Where do all those activities should be carried out atau dimana lokasi dari berbagai kegiatan tersebut.

Ilmu Ekonomi Regional punya suatu kekhususan yang tidak dibahas oleh cabang oleh cabang ilmu lain dan IER memiliki prinsip yang mampu menjelaskan bidang tersebut secara menyeluruh sehingga dianggap berdiri sendiri.

Apakah hanya where saja? Tentu perlu dilengkapi dengan why. Tahu kan kalau pokok persoalan ilmu ekonomi itu mencakup 3 hal yaitu what, how, for whom (Samuelson-1955) kemudian ditambah when? Yap, pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu dilengkapi dengan why alias mengapa hal itu perlu dilakukan. Jadi akan memunculkan alasan mengapa hal itu menjadi pilihan.

TUJUAN  UTAMA Ilmu Ekonomi Regional APA (?)

Tujuannya yaitu menjawab pertanyaan di wilayah mana suatu kegiatan sebaiknya dipilih dan mengapa bagian wilayah itu menjadi pilihan. Eits, tapi perlu di ingat bahwa dalam menentukan lokasi maka IER hanya mampu menunjuk sampai batas wilayah mana tetapi tidak menujuk kepada tempat kegiatan. Lalu bagaimana untuk sampai kesana? Dibutuhkan bantuan ilmu lain, seperti ilmu kesesuaian lahan, teknik sipil, atau teknik arsitektur.

SELAIN TUJUAN Utama, tujuan IER apalagiapalagi?
-                 Menciptakan full employment
-                 Adanya Economic Growth
-                 Terciptanya Price Stability (ini sering banget dibahas orang ya)
-                 Terjaganya kelestarian lingkungan hidup
-                 Pemerataan pembangunan dalam wilayah
-                 Peneapan sektor unggulan wilayah
-                 Membuat keterkaitan antarsektor yang lebih serasi dalam wilayah, sehingga menjadi bersinergi dan berkesinambungan
-                 Pemenuhan kebutuhan pangan wilayah

MANFAAT IER (MAKRO)
Yaitu bagaimana pemerintah pusat dapat menggunakannya untuk mempercepat laju pertumbuhan keseluruhan wilayah.

MANFAAT  EIR (MIKRO)
Yaitu bagaimana IER dapat membantu perencana wilayah menghemat waktu dan biaya dalam proses menentukan lokasi suatu kegiatan atau proyek. Kalau kata gue sih, simpel kata, biar irit-irit ^^




Sumber : Berbagai sumber, dari buku kuliah gue, catetan kuliah gue, de-el-el

Tidak ada komentar:

Earning Per Share

a.      Definisi Earning Per Share Earning Per Share (EPS) atau pendapatan perlembar saham adalah bentuk pemberian keuntungan yang diberik...