Rabu, 15 Maret 2017

ANALIS INVESTASI ASING (PMA) DAN EKSPOR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI TINJAU DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI KASUS PADA KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2009-2015)

GAK JADI UNTUK JUDUL SKRIPSI KARENA LEBIH SUKA JUDUL TENTANG PERENCANAAN WILAYAH 


ANALIS INVESTASI ASING (PMA) DAN EKSPOR TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI DI TINJAU DALAM PERSPEKTIF ISLAM
(STUDI KASUS PADA KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2009-2015)


SINOPSIS SKRIPSI
Diajukan sebagai Syarat Pengajuan Judul Skripsi
Guna Memperoleh Gelar Sarjana Ekonomi (S.E)
Dalam Ilmu Ekonomi dan Pembangunan



Oleh :
Aula Nurul Ma’rifah
NPM               : 1351010188
Program Studi             : Ekonomi Syari’ah



FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN
LAMPUNG
1438 H / 2016 M
Dalam mendukung pertumbuhan ekonomi, diperlukan investasi-investasi baru sebagai stok modal baik penanaman modal dalam negeri maupun penanaman modal asing (PMA). Pada dasarnya, investasi asing (PMA) merupakan pembentukan modal yang mendukung peran swasta dalam perekonomian sehingga akan menjadi penggerak pertumbuhan perekonomian. Tidak hanya investasi, ekspor juga merupakan salah satu faktor dalam pertumbuhan ekonomi. Ketika suatu negara mengalami pertumbuhan ekspor maka hal tersebut mencerminkan bertambahnya pula cadangan devisa suatu negara seperti yang terjadi di Indonesia bahwa ekspor memainkan peranan yang sangat penting dalam proses pembangunan terutama migas dan gas bumi.
Hal ini sejalan dengan investasi asing serta ekspor yang ada di Kota Bandar Lampung Lampung dimana dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan.[1] Ini menunjukkan bahwa kedua variabel ini memberikan sisi positif karena tidak pernah mengalami penurunan. Akan tetapi, apakah investasi asing dan ekspor memberikan peranan yang cukup besar atau pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi atau tidak perlu dikaji lebih dalam. Ini disebabkan karena, kedua sektor ini belum tentu memberikan kontribusi tinggi atau bahkan tidak memiliki pengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi yang berimbas pada pembangunan Kota Bandar Lampung.
Melihat hal tersebut maka muncul rumusan masalah yaitu ‘sejauh mana pengaruh investasi asing (PMA) dan ekspor secara bersama-sama dalam mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Kota Bandar Lampung?’
Teori-teori yang akan di gunakan dalam penelitian ini adalah teori pertumbuhan ekonomi wilayah. Sedangkan untuk metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data time series dari tahun yang akan di teliti. Sehingga hasil penelitian akan menunjukkan apakah salah kedua variabel tersebut berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi atau hanya salah satunya saja atau bisa terjadi kemungkinan kedua variabel tersebut tidak berpengaruh.



[1] Badan Pusat Statistik Kota Bandar Lampung, KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM ANGKA, (Bandar Lampung : BPS Kota Bandar Lampung, 2015)

Tidak ada komentar:

Earning Per Share

a.      Definisi Earning Per Share Earning Per Share (EPS) atau pendapatan perlembar saham adalah bentuk pemberian keuntungan yang diberik...