E-Commerce merupakan suatu sistem atau paradigma baru dalam
dunia bisnis, yang menggeser paradigma perdagangan tradisional menjadi electronic
commerce yaitu dengan memanfaatkan teknologi ICT (Information and Communication Technology), atau dengan katalain teknologi internet. Definisi e-commerce secara umum : “ Proses membeli, menjual, baikdalam bentuk barang, jasa
ataupun informasi,yang dilakukan melalui media internet”.[1]
Electronic commerce (EC) merupakan konsep baru yang bisa digambarkansebagai proses jualbeli
barang atau jasa dengan menggunakan World Wide Web Internet atau proses jual beli atau pertukaran
produk, jasa dan informasi melalui jaringan informasi.[2]E-commerce merupakan
transaksi yang dilakukan secara elektronik, salah satu media yang digunakan
dalam e-commerce adalah internet.
Menurut
Karmawan (Jauhari) e-commerce adalah suatu jenis dari mekanisme bisnis
secara elektronik yang memfokuskan diri pada transaksi bisnis berbasis individu
dengan menggunakan internet (teknologi berbasis jaringan digital) sebagai
medium pertukaran barang atau jasa baik antara dua buah institusi (business
to business) dan konsumen langsung (business to consumer), melewati
kendala ruang dan waktu yang selama ini merupakan hal-hal yang dominan.[3]
Banyak orang
mengira bahwa e-commerce dengan e-business adalah sama, namun
padakenyataannya berbeda. Berikut ini merupakan perbedaan antara e-commerce dengan
e-business[4]:
[1]Sri Haryanti, Tri Irianto, “Rancang Bangun Sistem Informasi E-Commerce Untuk UsahaFashionStudi Kasus
Omah Mode Kudus” Journal SpeedSentra Penelitian Engineering dan
Edukasi, Vol.3 No.1 (November 2011), h.10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar